Banyak orang tua yang menginginkan anaknya berprestasi. Untuk mengejar semua itu, mereka rela mengeluarkan biaya ekstra untuk memaksimalkan kebutuhan belajar anak-anaknya, mulai dari membeli buku, hingga mencari guru privat agar anaknya bisa mendapat pelajaran tambahan. 

Kondisi ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis bimbel online. Selain mengasah kembali ilmu yang didapat selama masa sekolah, bisnis ini pun bisa memberi penghasilan tambahan yang lumayan menggiurkan. Tertarik membuka bisnis bimbel online? Ikuti yuk triknya berikut ini.

  1. Tentukan Konsumen

Sama seperti akan memulai bisnis lainnya, kamu wajib menentukan target konsumen yang akan dibidik. Bedanya, dalam bisnis bimbel online kamu bisa membidik calon konsumen berdasarkan tingkat pendidikannya, mulai dari SD, SMP hingga SMA. 

Selain itu, kamu pun bisa melebarkan segmentasi pasar dengan menambahkan kelas ilmu agama, kelas belajar baca tulis dan lainnya. Tapi ingat, fokus kamu adalah membantu mereka mendapat pelajaran yang dibutuhkan. Untuk pendapatan, anggap saja sebagai bonusnya. 

  1. Persiapkan SDM

Sumber daya manusia atau SDM untuk bisnis bimbel online terdiri dari tenaga pengajar, termasuk untuk mata pelajaran khusus. Selain itu, siapkan juga tenaga IT untuk mempersiapkan segala yang dibutuhkan selama pelajaran online, editor video, dan lainnya. 

Semua tenaga ahli tersebut bisa kamu siapkan dengan cara kerjasama bagi hasil. Untuk memudahkan menjalankan bisnis bimbel online, kamu bisa mengajak teman-teman semasa kuliah, keluarga atau orang-orang yang sekiranya bisa diajak kerjasama. 

  1. Perhatikan Penampilan

Kamu pasti paham dengan makna peribahasa ‘guru kencing berdiri, anak kencing berlari’. Dengan kata lain, segala tindak tanduk guru akan dicontoh oleh muridnya, bahkan bisa jauh lebih parah. Maka dari itu, mulailah untuk menunjukkan imej baik dengan memperhatikan penampilan. 

Tidak perlu perlente seperti layaknya pekerja kantoran, yang penting penampilan kamu bersih dan sopan. Selain itu, kamu pun wajib memperhatikan tata kata yang digunakan sebelum mengajar, dan tentu saja siapkan mental untuk menghadapi berbagai karakter murid yang unik. 

  1. Buatlah Suasana Belajar Menyenangkan

Setiap anak punya sikap dan kebutuhan belajar yang berbeda, terutama anak-anak SD yang masih dalam proses pembentukan karakter. Tugas kamu adalah memahami karakter setiap anak, untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. 

Ada anak yang nyaman dengan suasana belajar formal, belajar sambil bermain, atau suasana belajar penuh canda tawa. Agar bisnis bimbel online yang kamu jalankan semakin diminati banyak orang, gunakan beragam alat peraga agar mereka bisa lebih mudah memahami apa yang kamu jelaskan. 

  1. Jaga Komunikasi dengan Orang Tua

Selain harus mendapatkan ‘hati’ anak-anak, kunci sukses bisnis bimbel online yang wajib kamu perhatikan adalah, berusaha mendapatkan perhatian dari orang tua murid. Cukup bangun komunikasi dengan melaporkan perkembangan anak secara berkala. 

Jika dibutuhkan, tantang orang tua agar memberikan tes sesuai dengan pelajaran yang dikuasai oleh anaknya. Dengan begitu, mereka akan percaya jika metode belajar yang kamu tawarkan cukup efektif meningkatkan kemampuan anak, dan dapat mendorong prestasi mereka. 

Setelah semuanya berjalan dengan baik, saatnya untuk menjaga bisnis bimbel online tersebut dengan manajemen keuangan yang baik, dan berusahalah untuk mengelolanya secara profesional. Bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis ini namun terkendala dengan modal, maka kamu bisa mencoba mendapatkan modal awal yang dibutuhkan via aplikasi pinjaman online Adakami. Selain mudah dan cepat, bunga yang ditawarkan oleh Adakami juga terbilang sangat rendah.