Tidak hanya minat bertani, banyak orang yang kini mulai tertarik terjun ke dunia peternakan. Terlebih belakangan ini banyak metode peternakan modern yang cocok digeluti milenial. Kondisi ini secara tidak langsung telah membuat bisnis pakan ternak ikut terdongkrak.

Ada banyak kisah milenial yang sukses menjalankan bisnis pakan ternak, meski disisi lain banyak juga yang akhirnya gulung tikar tergerus persaingan. Lantas, bagaimana sih rahasia sukses menjalankan bisnis pakan ternak ini? Ikuti yuk beberapa triknya di bawah ini. 

  1. Jual Produk Berkualitas

Produk berkualitas merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis pakan ternak yang kamu geluti. Dengan menjual pakan ternak berkualitas tinggi, pertumbuhan ternak akan berjalan lebih maksimal. Imbasnya, bisnis peternakan berkembang pesat, dan kamu pun akan kecipratan untungnya. 

Perlu dicatat, klasifikasi produk pakan berkualitas tidak ditentukan oleh faktor harga pakan tersebut, melainkan ditentukan oleh cocok atau tidaknya pakan tersebut menunjang pertumbuhan ternak. Untuk mengetahuinya, tentu saja kamu harus melakukan riset dan mendapat informasi dari ahli peternak.

  1. Ketahui Tentang Produk Pakan

Penjual pakan terkadang berperan juga sebagai ‘konsultan pribadi’ untuk para peternak. Umumnya mereka akan bertanya terlebih dahulu tentang produk terbaik yang dibutuhkan ternaknya, termasuk komposisi dari produk yang ditawarkan, manfaatnya, dan perbandingan dengan produk lainnya. 

Tentu hal ini tidak akan bisa dijawab jika kamu tidak mengetahui ilmunya. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis pakan ternak, alangkah baiknya jika kamu pelajari dulu ilmu tentang pakan ternak. Minimalnya kamu tahu tentang ‘spesifikasi’ lengkap produk yang dijual.

  1. Menyediakan Produk yang Beragam

Kamu mungkin punya satu produk jagoan yang akan selalu ditawarkan kepada para peternak. Tapi ingat, terkadang pembeli menginginkan produk lain yang menurutnya sangat bagus dan cocok dengan karakteristik ternak yang mereka miliki. 

Maka dari itu, pastikan untuk selalu menyediakan 2-3 pilihan produk ternak populer dalam list produk yang dijual. Jika punya modal lebih, kamu boleh menyediakan produk pakan untuk berbagai jenis hewan ternak, termasuk suplemen atau nutrisi khusus untuk ternak.

  1. Bangun Kerjasama dengan Peternakan

Demi mengejar volume penjualan, kamu harus bisa berperan sebagai supplier bagi beberapa peternak di daerahmu. Kamu bisa memprioritaskan peternak dengan volume produksi tinggi, memberikan order berkesinambungan dan dapat membantu j kamu berkembang lebih cepat. 

Untuk ‘merayu’ mereka, kamu bisa memberikan beberapa fasilitas yang tidak diberikan oleh penjual pakan ternak lainnya, seperti potongan harga per item, fasilitas mengantar pakan gratis, kredit produk pakan untuk jumlah pembelian tertentu, dan fasilitas menarik lainnya. 

  1. Gencar Melakukan Promosi

Agar orang lain tahu bisnis yang kamu jalankan, pastikan untuk selalu membuat event promosi, misalnya pemberian diskon untuk produk-produk tertentu, pemberian suplemen gratis untuk setiap pembelian pakan ternak dalam jumlah tertentu, atau program promosi lainnya. 

Untuk memaksimalkan promosi bisnis pakan ternak, kamu pun bisa menyisir sosial media dengan bergabung di grup peternak dan penjual pakan, menjalin kerjasama dengan komunitas peternak, memasang iklan di media, dan upaya promosi lainnya.

Jika mengalami kendala dari sisi budget untuk promosi, kini kamu bisa memanfaatkan aplikasi pinjaman online via Adakamiuntuk mengakses pinjaman yang mudah dengan proses yang cepat.