Banyak orang yang merasa aman saat mereka punya pekerjaan tetap dan rutin menerima gaji per bulan. Padahal tidak ada pekerjaan yang benar-benar aman meski status kamu kini karyawan tetap. Percayalah, resiko itu ada dan taruhannya masa depan kamu dan keluarga. 

Selain itu, masih banyak alasan kenapa kamu tidak boleh menggantungkan hidup kepada satu gaji bulanan saja, dan mulai sekarang harus mencari usaha sampingan yang bisa diandalkan saat situasi sulit menerjang.

  1. Antisipasi PHK

Berstatus sebagai karyawan tetap, dan bekerja di perusahaan besar tidak menjamin kamu akan terbebas dari PHK. Buktinya, banyak perusahaan besar yang tanda diduga ‘pamit’ dari Indonesia dan terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja dengan karyawannya. 

Buat kamu yang punya usaha sampingan, tentu dampak PHK ini tidak terlalu besar karena kamu masih punya usaha sampingan yang bisa diandalkan. Tapi bagaimana dengan yang tidak punya usaha sampingan? Tentu kamu harus kembali berjuang dari Nol untuk mencari pekerjaan baru.

  1. Agar Hidup Lebih Layak

Patokan hidup secara layak bisa dibilang relatif. Beberapa orang sudah merasa cukup dengan gaji bulanan dari pekerjaannya, tapi ada juga yang justru harus hidup di bawah garis kemiskinan karena gaji yang mereka dapatkan tidak mencukupi untuk membiayai kehidupannya. 

Hal tersebut tentu tidak akan terjadi jika kamu punya usaha sampingan. Dengan pendapatan tambahan, kamu bisa lebih mudah membiayai hidup sehari-hari. Bahkan bukan tidak mungkin rekening tabunganmu akan ‘menggunung’ karena pendapatan tambahan tersebut. 

  1. Mempercepat Tujuan Keuangan

Setiap orang tentu punya cita-cita yang ingin direalisasikan dalam waktu dekat, atau yang kita kenal dengan istilah tujuan keuangan jangka pendek. Misalnya berlibur ke tempat impian bersama keluarga, upgrade smartphone baru, menambah portofolio investasi, dan lainnya. 

Tentu buat kamu yang punya pendapatan ekstra, memenuhi semua itu bukan hal yang sulit karena sudah tentu dari tabungan saja sudah mampu memenuhinya. Sementara buat kamu yang hanya mengandalkan gaji, minimalnya harus menunggu beberapa bulan untuk mengumpulkan uang. 

  1. Lebih Siap Dengan Kenaikan Harga

Seiring dengan bertambahnya nilai inflasi, secara perlahan harga-harga pun akan mengalami kenaikan, terutama barang kebutuhan pokok. Sayangnya, kondisi ini kerap tidak berimbang dengan kenaikan gaji yang memadai. Terlebih jika pekerjaanmu tidak punya jenjang karir yang pasti. 

Untuk mengimbangi semua itu, mulai sekarang kamu wajib mencari usaha sampingan sebagai penyokong pendapatan utama kamu. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa memberikan penghasilan tambahan, seperti jualan online, atau membuka usaha kecil-kecilan di rumah. 

  1. Siap Resign Kapan Saja

Pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan passion merupakan impian semua orang. Namun sayang, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Bahkan beberapa orang berada di posisi kurang beruntung karena pekerjaan yang kini digeluti bertentangan dengan prinsip kehidupan yang dianut. 

Inilah alasan kamu wajib punya usaha sampingan. Saat pekerjaan yang sekarang tidak memberi hasil yang maksimal, atau mungkin bertentangan dengan prinsip yang dipegang, kamu bisa resign kapan saja tanpa harus khawatir dengan biaya hidup. 

Selain itu, masih banyak alasan lainnya yang membuat kamu wajib mempertimbangkan usaha sampingan, diantaranya bisa digunakan sebagai sumber penghasilan saat masa pensiun tiba. Bagi kamu yang kesulitan mendapatkan modal usaha, maka Adakami bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang bisa kamu coba. Jangan khawatir, perusahaan pinjaman Adakamiterdaftar dan diawasi OJK, sehingga dapat dipastikan pinjaman yang kamu lakukan benar-benar aman.