Keripik merupakan salah satu jenis cemilan favorit lintas generasi. Pantas jika belakangan ini banyak jenis keripik yang mulai bermunculan, lengkap dengan berbagai varian baru yang ditawarkan, misalnya keripik apel, keripik pisang, keripik ubi, keripik kentang, hingga keripik udang.

Selain tingginya permintaan, bisnis keripik sangat mudah dijalankan, bahkan bisa dimulai dari rumah. Nah buat kamu yang ingin mencicipi gurihnya keuntungan dari bisnis keripik, berikut merupakan strategi sukses usaha keripik yang wajib kamu contek.

  1. Temukan Ide Menarik

Sebenarnya usaha keripik merupakan bisnis yang mudah dijalankan, dan berpeluang besar membuat segmen pasar sendiri. Syaratnya, kamu harus bisa menemukan ide pemasaran yang unik, dan mampu menangkap keinginan pasar, sesuai dengan segmen yang ingin dibidik. 

Misalnya jika sasaran kamu anak muda, kamu bisa mulai mencari ide dengan memunculkan varian keripik dengan rasa yang super pedas, varian keripik apel dengan rasa lembut, atau bisa juga memunculkan keripik tempe dengan rasa daging, atau varian rasa keju yang unik. 

  1. Siapkan Produk Terbaik

Setelah menemukan ide bisnis yang menurutmu menarik dan mampu menggaet banyak konsumen, saatnya kamu mulai mempersiapkan diri untuk masuk tahap selanjutnya, yakni mempersiapkan produk terbaik yang bisa disajikan. Catatan penting , pastikan kamu menyajikan produk terbaik. 

Artinya, tidak hanya cara pengemasan, tips sukses usaha keripik yang terpenting adalah, kamu wajib menyajikan produk bercita rasa tinggi. Pilih bahan baku terbaik, dengan racikan bumbu yang tidak dimiliki produk lainnya. Tolong perhatikan racikan bumbu karena dia punya nilai yang sangat tinggi. 

  1. Siapkan Strategi Pemasaran

Kamu sudah punya produk terbaik, dan dikemas dengan sangat menarik. Saatnya mulai mempertimbangkan strategi pemasaran yang harus diambil. Ada banyak strategi pemasaran keripik yang bisa dipilih, misalnya sistem konsinyasi atau menitipkan produk di toko orang lain.

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan direct selling atau menjual produk langsung ke konsumen. Strategi ini biasanya dijalankan dengan cara memanfaatkan momen-momen tertentu, seperti menyewa booth di sebuah event promosi, atau pemasaran langsung secara online via media sosial. 

Khususnya untuk kegiatan promosi, dibutuhkan modal awal. Meskipun bisnis sudah berjalan, namun kenyataannya banyak yang tidak mengganggarkan untuk kebutuhan ini karena biaya yang cukup besar. Bagi kamu yang memiliki kesulitan dalam anggaran promosi, kamu bisa apply pinjaman kredit via Adakami untuk mendapatkan modal promosi usaha.

Cara mudah dan cepat lho. Kamu tinggal download saja aplikasinya dan daftarkan diri. Dalam hitungan menit dana kamu bisa dicairkan. Adakami adalah perusahaan layanan pinjaman dana yang aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  1. Siapkan Sample Produk

Terkadang konsumen tidak akan langsung percaya dengan kalimat-kalimat promosi sebelum mereka mencobanya langsung. Maka dari itu, selama aktivitas direct selling, tidak ada salahnya kamu memberikan sample produk untuk dicicipi calon konsumen.

Terbar sample ini pun bisa kamu berikan langsung di pusat-pusat keramaian yang sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Misal, jika kamu mengejar pasar anak muda, cobalah untuk menebar sample di pusat kegiatan anak muda, seperti alun-alun kota, event pameran tertentu, dan lainnya.

  1. Jangan Lupakan Sertifikasi Produk

Sertifikasi produk merupakan salah satu poin penting untuk meningkatkan imej sekaligus menumbuhkan kepercayaan konsumen. Karena produk yang kamu pasarkan masuk dalam kategori makanan, maka sertifikasi halal dari MUI jadi hal yang sangat utama. 

Jika memungkinkan, kamu bisa bekerjasama dengan lembaga tertentu untuk memasukkan produk keripik yang dipasarkan ke dalam list oleh-oleh resmi daerah kamu, atau memasukkan unit usahamu ke dalam daftar UKM atau UMKM binaan di daerahmu.

Kunci sukses usaha keripik sebenarnya sangat sederhana, kamu hanya perlu identitas dari produk yang dingin dipasarkan, dan pastikan produk tersebut diinginkan konsumen. Selamat mencoba!