Selain mendirikan kios, dan pikulan, banyak orang yang memulai bisnis kuliner dengan gerobak, misalnya berjualan es cendol, gorengan, hingga bubur ayam. Tentu bukan tanpa alasan, pemilihan geroka sebagai alat untuk berjualan dinilai lebih efektif ketimbang metode lainnya. 

Lantas, kenapa gerobak dianggap lebih cocok untuk menjalankan bisnis makanan dan minuman ketimbang media lainnya? Berikut beberapa alasannya.

  1. Harga Gerobak Murah

Ketimbang membuka kios, harga gerobak terhitung jauh lebih murah. Selain itu, gerobak pun tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran yang sesuai sektor usaha kamu. Mencarinya pun tergolong mudah, terlebih jika kamu punya koneksi yang baik dengan beberapa pedagang lainnya. 

Tapi sebelum mencari gerobak, kamu harus menemukan jenis dan ukuran gerobak yang sesuai kebutuhan. Jangan sampai karena ingin membawa produk dalam jumlah besar, kamu memilih gerobak berukuran besar padahal belum punya pengalaman menggunakannya. 

  1. Gerobak Sangat Fleksibel

Dengan gerobak, kamu bisa bergerak lebih cepat dan luwes. Kamu bisa dengan mudah menyusuri gang-gang kecil untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jika sudah punya konsumen setia dan tidak butuh berkeliling lagi, kamu tetap bisa menggunakan gerobak untuk berjualan di satu lokasi.

Saat ada event tertentu, dan kamu ingin menghadirinya, seperti pesta rakyat dan lainnya, gerobak bisa dibawa menuju tempat tersebut dengan menggunakan mobil pick up atau truk. Dengan kata lain, gerobak sangat fleksibel dan memungkinkan kamu untuk bisa berbisnis di mana saja. 

  1. Gerobak Bisa Dimodifikasi

Seperti dijelaskan di atas, saat sudah mendapatkan pelanggan setia dan memungkinkan kamu untuk mangkal di satu tempat, atau ketika kamu sudah punya kios sendiri untuk berjualan, gerobak bisa dimodifikasi agar tetap bisa digunakan sebagai tempat jualan. 

Bahkan jika kamu butuh gerobak dengan desain dan tampilan yang spesifik, kamu bisa melakukan modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan, atau meminta tukang untuk melakukannya. Dengan cara ini, gerobak bisa kamu gunakan dalam waktu yang sangat lama. 

  1. Banyak Pilihan Bahan Pembuatannya

Kamu bisa melihat ada banyak bahan utama pembuatan gerobak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari gerobak berbahan kayu, alumunium, hingga kombinasi dari kayu besi, dan bahan lainnya. Tentu semua bahan tersebut disesuaikan dengan produk yang kamu jual.

Misal, jika kamu berjualan produk makanan dan minuman yang tergolong ringan, seperti cilok, bisa gunakan gerobak berbahan alumunium, gerobak berbahan dasar kayu untuk berjualan angkringan, atau gerobak dengan rangka besi untuk berjualan bakso, mie ayam dan lainnya.

  1. Bisa Jadi Identitas Usaha

Gerobak bisa dijadikan sebagai media branding atau promosi dari bisnis yang kamu jalankan, atau bahkan bisa dijadikan identitas bisnis. Untuk mewujudkannya, kamu harus melakukan sedikit modifikasi, atau minimalnya membuat tulisan promosi unik di beberapa bagian gerobak.

Terkadang orang-orang bisa melihat apa yang kamu jual dari bentuk dan warna gerobaknya. Misalnya untuk gerobak kombinasi kayu berwarna biru dan alumunium, biasa digunakan penjual mie ayam, dan gerobak kotak kecil dengan box kaca biasa digunakan penjual cilok.

Bagi kamu yang tengah merencanakan untuk membuka bisnis sendiri namun terkendala dengan modal, Adakami bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat dan aman. Adakami merupakan perusahaan pinjaman kredit terpercaya yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sehingga kamu bisa melakukan pinjaman dengan aman dan bebas dari rasa khawatir.