Dengan permintaan pasar yang terus meningkat, usaha konveksi bisa disebut sebagai salah satu bidang bisnis yang berpotensi memberi banyak keuntungan. Jenis usaha ini umumnya fokus kepada produksi kaos, jaket, kemeja, seragam, dan produk fashion lainnya. 

Namun untuk meraih sukses di bidang ini, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan, terutama dari segi modal dan SDM yang memadai. Berikut beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuka usaha konveksi.

  1. Fokus Pada Satu Produk

Kamu pasti terkesan dengan beberapa pengusaha konveksi yang mampu memproduksi banyak item sekaligus, mulai dari kaos, hingga jaket. Wajar jika ingin mengikuti jejak mereka, namun bagi pemula, sangat disarankan untuk memulai bisnis dengan fokus memproduksi satu produk saja. 

Cara ini dilakukan agar modal yang harus kamu keluarkan lebih kecil, dan tidak terlalu banyak membuang waktu untuk melakukan evaluasi produk. Selain itu, trik ini berfungsi agar kamu lebih mudah menentukan branding dan mengembangkan strategi pemasaran.

  1. Siapkan Modal Usaha

Bisnis apapun pasti butuh modal awal untuk memulainya, termasuk saat akan membuka usaha konveksi. Namun tidak seperti membuka usaha garmen yang cenderung ribet dan panjang, memulai bisnis konveksi tidak membutuhkan modal yang besar, dan bisa dijalankan dengan tim kecil saja.

Jika modal kamu sangat minim, kamu bisa meminjamnya dari berbagai sumber. Misalnya dari keluarga, teman atau orang-orang terdekat atau bisa juga secara online melalui layanan pinjaman online. Salah satu layanan yang bisa kamu gunakan adalah Adakami. Melalui Adakami, pinjaman dana yang kamu butuhkan dapat dicairkan dengan cepat melalui proses yang mudah.

Cara lain yang kamu bisa lakukan dengan modal minim misalnya adalah dengan melakukan produksi menggunakan sistem pre-order. Trik ini butuh kemampuan marketing yang baik agar proses produksi terus berlangsung. Selain itu, trik ini tergolong sangat beresiko, terlebih jika kamu termasuk buruk dalam hal manajemen keuangan. 

  1. Persiapkan Lokasi Usaha

Untuk bisa menjalankan kegiatan produksi secara maksimal, kamu butuh tempat usaha yang memadai. Untuk sementara, kamu bisa memaksimalkan lahan di area rumah, atau bisa juga dengan menyewa lahan untuk dijadikan sebagai pusat produksi bisnis konveksi. 

Tidak seperti bisnis lainnya, lokasi tidak terlalu menentukan. Namun agar lebih maksimal, pastikan lokasi bisnis yang kamu jalankan mudah diakses. Jika ada modal besar, tidak ada salahnya kamu langsung menyediakan tempat yang diset khusus untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Mencari Supplier

Kamu wajib menemukan supplier yang mampu mendukung aktivitas usaha konveksi yang kamu jalankan. Dalam menjalankan bisnis konveksi, supplier yang kamu butuhkan diantaranya, perusahaan percetakan, penyedia bahan konveksi, penjahit, pembuat kemasan produk, dan label pakaian. 

Supplier sangat menentukan kualitas produksi. Maka dari itu, pastikan untuk mendapatkan supplier yang mampu memberikan hasil pekerjaan maksimal, meski untuk itu kamu harus mengeluarkan biaya ekstra. Jangan khawatir, ongkos produksi bisa ditutup dengan menaikkan harga.

  1. Gencarkan Promosi 

Seperti dijelaskan di atas, lokasi tidak terlalu menentukan dalam menjalankan bisnis konveksi. Namun demi mendapat lebih banyak konsumen dan mampu bersaing dengan pengusaha lainnya, mau tidak mau kamu harus gencar melakukan promosi, terutama lewat sosial media, flyer, dan lainnya. 

Selain itu, usaha konveksi bisa dijalankan dengan strategi business-to-business (B2B), atau menjual hasil produksi kepada bidang usaha lain, seperti distro, kios, bekerja sama dengan institusi atau perusahaan tertentu untuk mengcover baju seragam, dan lainnya.