Meski pasarnya tidak terlalu besar, namun keuntungan dari bisnis madu terbilang sangat besar lho. Terlebih jika kamu mampu menghadirkan produk berkualitas tinggi, dengan harga yang lebih terjangkau. Dijamin bisnis madu yang kamu geluti akan berkembang lebih cepat. 

Nah buat kamu yang ingin mencoba mencicipi manisnya keuntungan dari bisnis madu, berikut merupakan beberapa trik sukses yang wajib kamu lakukan.

  1. Gunakan Madu Asli

Meski sudah lumrah, namun faktanya konsumen kini sudah cerdas. Mereka bisa tahu mana madu yang masih asli tanpa campuran, dan mana madu yang sudah dicampur dengan hanya mencicipi sedikit produk madu tersebut, atau mencium aromanya saja.

Maka dari itu, buang jauh-jauh niat menjual madu dengan campuran bahan lainnya, seperti air, gula dan lainnya, meski untuk campuran itu kamu berani untuk menurunkan harga jual. Justru sekarang ini konsumen lebih suka membeli madu asli, meski harganya sedikit lebih mahal. 

  1. Memiliki Reputasi

Dalam membangun bisnis, reputasi merupakan modal berharga, sekaligus hal terpenting yang harus kamu miliki. Ketika reputasi mu dipandang baik, tanpa harus banyak berpromosi dan menjelaskan keunggulan produk yang kamu miliki, konsumen akan langsung percaya dan membeli produk kamu.

Untuk meningkatkan reputasi perusahaan bisnis madu, pastikan untuk selalu bertindak jujur dengan menjual madu asli. Jika ada bahan campuran yang kamu masukkan ke dalamnya, jelaskan semuanya di bagian komposisi, lengkap dengan tujuan adanya bahan tambahan tersebut

  1. Kemasan Madu Menarik

Kemasan merupakan salah satu faktor kenapa konsumen memilih produk yang kamu tawarkan. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa kamu gunakan, mulai dari kemasan botol, botol plastik, dan lainnya. Terlepas dari semua itu, pastikan kemasan tersebut aman dan terlihat menarik. 

Selain itu, kamu bisa bereksperimen dengan kemasan yang memudahkan konsumen mengeluarkan produk, dan menyimpannya dalam jangka panjang. Khusus untuk kemasan botol, biasanya digunakan untuk menampung madu murni atau produk berkualitas tinggi. 

  1. Harga Kompetitif

Dalam bisnis madu, kemasan yang digunakan dan kualitas madu sangat berpengaruh kepada harga jual. Meskipun begitu, usahakan untuk menawarkan harga yang terjangkau, atau kalau bisa tawarkan harga yang sedikit lebih murah ketimbang produk kompetitor.

Selain itu, kamu pun bisa bereksperimen dengan program pembelian khusus sebagai bagian dari strategi marketing. Misalnya, membeli kemasan madu 1 liter, gratis madu kemasan 150 ml, atau menyediakan produk paket dengan harga yang terjangkau. 

  1. Pasarkan Secara Online

Selain menjual produk di toko-toko yang menjual madu, lakukan ekspansi pasar dengan menjual madu secara online. Kamu bisa menjadi bagian dari situs e-commerce, atau memasarkan produk langsung di sosial media, seperti instagram, facebook, dan lainnya. 

Untuk meningkatkan imej produk yang dijual, buatlah website sendiri dengan konten berisi tentang informasi terkait manfaat madu, dan keunggulan produk yang kamu jual. Kamu pun bisa bekerjasama dengan influencer untuk membantu mempromosikan produk tersebut. 

Ingat, berikan deskripsi jujur terkait produk madu yang kamu tawarkan. Pasalnya, dalam bisnis madu, kejujuran merupakan modal utama, sekaligus kunci mendatangkan lebih banyak konsumen.

Untuk memulai bisnis madu, salah satu faktor utama yang harus kamu punya selain beberapa poin yang disebut diatas adalah modal. Salah satu solusi alternatif bagi kamu untuk mengakses modal usaha bisa dengan menggunakan layanan pinjaman dana dari Adakami. Proses pengajuan yang mudah dan cepat dapat membantu kamu untuk segera merealisasikan bisnis madu yang kamu miliki. Selamat mencoba ya!