Kamu pasti pernah mendengar Apple, Google, Disney, atau bahkan Amazon bukan? Yup, semua perusahaan tersebut didirikan, dan dibesarkan dari kesederhanaan, namun perlahan tapi pasti mereka berhasil jadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. 

Bukan modal besar yang mereka miliki, namu inovasi dan kerja keras yang jadi modal utamanya. Nah buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis, namun merasa ragu karena tidak punya kantor yang memadai, mendingan simak yuk beberapa trik mengembangkan bisnis dari rumah berikut ini. 

  1. Diversifikasi

Dalam dunia usaha, diversifikasi bisa diartikan sebagai upaya memperluas jangkauan pasar dengan menciptakan lebih banyak produk inovatif dan dibutuhkan konsumen. Misal jika sebelumnya bisnis kamu fokus di area pakaian pria, maka coba kembangkan untuk membuat produk pakaian wanita. 

Tidak hanya itu, kamu pun bisa berinovasi dengan menyediakan t-shirt custom, pakaian anak, dan lainnya. Bahkan jika jangkauan pasar kamu lebih luas, bisa juga menyediakan bahan penunjang bisnis fashion kamu, seperti menyediakan jasa sablon, kaos polosan, dan lainnya. 

  1. Jangan Lupakan Online

Kamu mungkin sudah punya pacar dan pembeli setia, tapi jangan pernah lupakan dunia maya. Bagaimanapun juga, di era teknologi seperti sekarang ini, penting untuk melakukan penetrasi bisnis dengan membuka lapak jualan online. 

Lahan yang bisa kamu garap cukup luas lho. Misalnya, kamu bisa fokus berjualan di sosial media, seperti facebook, Instagram, atau ikut gabung ke situs e-commerce. Jika sudah ada modal tambahan, kamu pun bisa mengembangkan bisnis dari rumah ini dengan membuat website sendiri.

  1. Terus Lengkapi Produk

Kamu pasti pernah mengalami ada pelanggan yang menanyakan sebuah produk, namun sayang produk tersebut tidak tersedia? Jangan langsung mengatakan tidak ada, sebaiknya minta si pelanggan tersebut menunggu, dan harus bergerak cepat untuk mencari produk tersebut.

Untuk pertama, kamu bisa ngambil dulu produk milik orang lain dengan keuntungan yang minim. Setelah itu, coba hitung kembali. Jika berpotensi menguntungkan, jangan pikir panjang, segera adakan produk tersebut. Trik ini dilakukan untuk mengikat konsumen agar tidak lari ke penjual lain.

  1. Buat Produk Kamu Berlisensi

Penting untuk membuat brand atau produk yang kamu jual punya lisensi sesuai dengan otoritas terkait. Misalnya jika produk kamu berhubungan dengan kesehatan, kecantikan, dan lainnya, kamu bisa mengurus sertifikat dari BPOM atau lisensi dari Dinas Kesehatan.

Sementara jika produk kamu berhubungan dengan makanan, dan lainnya, pastikan untuk memiliki sertifikat halal dari MUI. Selain dapat meningkatkan nilai jual, lisensi ini pun bisa menjamin kepercayaan, dan dapat meningkatkan reputasi bisnis dari rumah yang kamu kembangkan. 

  1. Bisnis White Label

Pernah mendengar istilah white label? Ini merupakan salah satu strategi marketing dengan cara menawarkan produk tanpa merek. Nantinya, konsumen akan membeli produk tersebut, dan mengemas ulang dengan nama brand atau toko mereka. 

Bisnis white label ini wajib dipertimbangkan karena selain menjamin repeat order, konsumen yang sudah terikat dengan produk tersebut akan melakukan order dalam jumlah besar. Keuntungan dari bisnis white label ini memang kecil, namun volume penjualannya dipastikan tinggi. 

Selain itu, masih banyak trik lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnis dari rumah dengan modal seadanya. Yang terpenting, kamu harus terus berinovasi dan konsisten.

Meskipun bisnis ini tidak besar dari segi modal, namun faktanya tak semua orang memilikinya. Khususnya buat kamu yang memiliki rencana bisnis rumahan berbiaya rendah namun terkendala dengan modal, Adakami mungkin bisa jadi pilihanmu untuk mendapatkannya. Dengan proses yang cepat dan mudah, pinjaman keuangan di Adakami dapat dicairkan dengan cepat dalam hitungan menit. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengunduh aplikasi Adakami yang tersedia di Google Playstore dan App Store. Selamat mencoba!.