Sebagian besar orang tentunya ingin terdaftar BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat meringankan beban biaya saat kita sedang sakit. Dengan manfaatnya yang cukup banyak, kita juga disarankan untuk melakukan pembayaran tagihannya secara rutin setiap bulannya. Cek tagihan BPJS Kamu melalui HP, SMS atau dengan cara yang lainnya.

Jika membayarnya tidak rutin maka BPJS tidak dapat digunakan secara berkala, bahkan dikenakan denda yang cukup memberatkan pula.

Sekarang ini sudah terdapat kemudahan melakukan cek tagihan BPJS melalui beberapa cara yang bisa Kamu lakukan. Pilihlah caranya yang Kamu anggap paling mudah dan efektif.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat ATM

Cara mengecek tagihan BPJS Kesehatan yang pertama dinilai cukup praktis, lho. Kamu hanya perlu mendatangi mesin ATM bank yang bekerjasama dengan BPJS. Adapun langkah-langkah mengecek tagihan BPJS adalah dengan memasukkan kartu ATM dan PIN.

Lalu pilih Transaksi Lain, tekan Pembayaran, klik Lainnya. pilih menu BPJS dan tekan BPJS Kesehatan. Setelah itu, Kamu perlu memasukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan yang diterima ketika pertama kali melakukan registrasi akun.

Atau Kamu bisa langsung memasukkan 11 angka terakhir nomor peserta BPJS Kesehatan setelah angka 88888. Klik Benar dan layar ATM akan memunculkan konfirmasi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan. Kalau jumlahnya sudah benar, Kamu bisa langsung menekan tombol Ya, dan selesai.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi BPJS Kesehatan

Sudah tahu belum kalau BPJS Kesehatan juga punya aplikasi resmi yang dijamin bakal memudahkan Kamu untuk melakukan pengecekan atau pun pembayaran tagihan BPJS Kesehatan?

Lewat aplikasi resminya, Kamu juga bisa memantau status dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan, lho.

Kamu hanya perlu men-download aplikasi mobile JKN melalui App Store atau Google Play Store di smartphone Kamu. Buka aplikasi dan login. Pilih menu Tagihan dan tekanlah Premi. Tagihan BPJS Kesehatan pun akan muncul di layar.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat Website Resmi

Tagihan BPJS Kesehatan juga bisa Kamu akses di situs web resminya BPJS Kesehatan, kok. Kamu hanya perlu masuk ke website resmi bpjs di alamat https://bpjs-kesehatan.go.id.

Untuk cara pengecekan lewat situs ini bisa dilakukan untuk peserta pribadi maupun peserta corporate. Caranya nggak beda dan dijamin nggak bikin ribet.

Kamu bisa masuk ke laman utama BPJS Kesehatan dan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan. Nanti akan muncul dua kolom yang perlu Kamu isi, yaitu Nomor Kartu dan Tanggal Lahir pemilik kartu.

Tekan tombol Cek untuk mengetahui berapa tagihan yang harus Kamu bayarkan. Tapi sebelum itu ada kolom captcha yang perlu Kamu isi dulu.

Rincian yang muncul setelah Kamu tekan tombol Cek meliputi jumlah tagihan yang harus Kamu lunasi dan pembayaran yang sudah terlunasi.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Lewat SMS

Nggak punya smartphone atau gawai yang mendukungmu mengakses website resmi atau aplikasi BPJS Kesehatan? Tenang, Kamu juga bisa mengecek tagihannya lewat SMS, kok.

Pemerintah yang berupaya memberikan kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan untuk mengakses informasi tagihannya. Kamu bisa mengetahui berapa tagihan yang harus dibayarkan dengan meng-SMS nomor 087775500400.

Format SMS-nya adalah: Tagihan <Nomor Kartu BPJS Kesehatan>, kirim ke nomor di atas dan tunggu SMS balasan yang berisi informasi besarannya tagihan BPJS Kesehatan-mu.

Cek Tagihan BPJS Kesehatan lewat Aplikasi dan Web Blibli

Blibli adalah pilihan terpraktis dan termurah untuk Kamu yang mau bayar-bayar tagihan bulanan. Mulai dari tagihan BPJS Kesehatan, listrik, air, internet, tv kabel, telepon pascabayar dan lainnya.

Caranya nggak ribet, kok. Kamu hanya perlu mengakses website resmi atau aplikasi Blibli lewat smartphone atau gawai lainnya yang terkoneksi dengan internet, lalu masukkan nomor pelanggan dan jumlah tagihan akan langsung muncul siap dibayarkan.

Cara Cek Iuran Tagihan BPJS Kesehatan Online

  1. Buka halaman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ yang merupakan halaman resmi untuk melihat informasi pembayaran iuran
  2. Kemudian masukan 13 digit nomor kartu BPJS kesehatan yang akan dicek
  3. Masukan juga tanggal lahir peserta dengan benar
  4. Masukan angka validasi sesuai dengan yang terlihat pada layar pc kemudian klik tombol Cek.

Cara Mengecek Tagihan BPJS Lewat HP Android

Dari informasi yang saya baca sebetulnya kita bisa mengecek tagihan lewat sms tetapi berkali-kali mencoba tidak pernah mendapat sms balasan, jadi salah satu alternatif lain jika ingin mengetahui berapa total tagihan iuran bpjs untuk satu keluarga yang tergabung dalam satu KK (kartu keluarga) lewat HP adalah dengan menginstall aplikasi resmi BPJS dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Install dulu aplikasi JKN KIS dari Google Play Store kemudian silahkan lakukan pendaftaran menggunakan alamat email yang masih aktif
  2. Setelah berhasil daftar kemudian login dan buka aplikasinya, pilih menu Tagihan Kemudian pilih Premi.
  3. Nanti akan muncul jumlah tagihan dari semua peserta yang tergabung dan total yang harus dibayarkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Cara Mengecek Tagihan BPJS Lewat HP Android.

Selain itu, kalau Kamu ingin mengetahui nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, caranya tanyakan langsung ke pihak BPJS melalui akun resmi Twitter, Facebook atau telepon ke call center.