Karena alasan praktis, motor sering dipilih menjadi kendaraan pribadi bagi masyarakat. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika penjualan motor cenderung stabil dari tahun ke tahun dan produsen motor senantiasa mengeluarkan produk baru untuk pembaruan.

Nah, masyarakat sendiri juga dipermudah ketika ingin memiliki motor sebagai kendaraan pribadi mereka. Dalam hal ini, selain pembelian melalui cash, Kamu juga bisa mendapatkan motor impian secara kredit. Cukup banyak masyarakat yang mengatakan mengambil kredit motor meringankan mereka.

Memang, secara umum, Kamu hanya perlu menyetorkan dana yang cenderung lebih sedikit untuk mendapatkan motor melalui sistem kredit dibandingkan dengan pembayaran cash. Untuk mengambil motor secara kredit, Kamu hanya perlu membayar uang muka serta cicilan awal saja dengan sisa pembayaran dibayarkan melalui cicilan setiap bulan.

Meskipun tampak simple dan mudah, tetap saja ada beberapa tips yang perlu diketahui sebelum mengambil kredit motor. Ya, pemahaman pada tips kredit nantinya akan menghindarkan Kamu dari masalah yang mengganggu, terutama yang berhubungan dengan pembayaran cicilan.

Tips Aman Mengambil Kredit Motor

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk mengambil kredit motor dengan aman tanpa ada masalah di kemudian hari. Nah, beberapa tips tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menimbang Untung Rugi Kredit Motor

Sebelum memastikan membeli motor impian secara kredit, Kamu perlu menimbang untung dan rugi melakukan transaksi dengan skema ini. Sebagaimana disinggung di awal, bagi sebagian orang, skema kredit cukup membantu dan bisa menjadi solusi dari keterbatasan dana ketika ingin membeli motor.

Hanya saja, ada kewajiban untuk membayar cicilan dengan jumlah tertentu setiap bulan. Oleh karenanya, sebelum mengambil kredit, pastikan apakah Kamu memiliki dana untuk dialokasikan membayar cicilan tersebut setiap bulannya.

2. Memilih Dealer yang Kredibel

Jika Kamu sudah memahami skema kredit dengan baik, maka Kamu bisa mulai memilih dealer yang kredibel. Memang, penjualan motor baik secara cash ataupun kredit akan diatur oleh dealer. Nah, dalam hal ini, berusahalah untuk berbisnis hanya dengan dealer yang kredibel yang merupakan agen resmi.

Perlu diketahui bahwa saat ini ada cukup banyak dealer yang cenderung abal-abal. Banyaknya masyarakat yang ingin mengambil kredit motor menjadi angin segar bagi dealer yang tidak bertanggung jawab ini untuk melancarkan aksinya.

Selain berusaha menemukan dealer yang kredibel, ada baiknya jika Kamu juga membandingkan beberapa dealer sekaligus. Ini adalah salah satu cara yang cukup tepat dilakukan guna mendapatkan harga terbaik untuk sepeda motor yang diinginkan. Bisa saja, dealer yang berbeda menyediakan promo yang berbeda-beda.

3. Menyesuaikan Kredit Dengan Budget yang Dimiliki

Tips lain yang cukup krusial untuk dipertimbangkan sebelum mengambil kredit motor adalah menyesuaikan besaran cicilan dengan budget yang dimiliki. Ini adalah salah satu langkah penting yang nantinya akan memberikan rasa aman ketika Kamu membayar cicilan kredit.

Dalam hal ini, sebelum memutuskan untuk mengambil kredit, lihat terlebih dahulu harga sepeda motor yang Kamu inginkan serta potensi pemasukan per bulan yang akan Kamu dapatkan. Ada baiknya jika Kamu menyesuaikan jenis motor yang diinginkan dengan kondisi keuangan Kamu.

Cukup banyak orang yang membeli sepeda motor dengan harga mahal secara kredit tanpa memperhitungkan pemasukan yang dimiliki. Hal semacam ini tentu harus dihindari agar masalah pembayaran cicilan tidak terjadi.

4. Memilih Nominal Uang Muka yang Besar

Untuk mendapatkan motor yang diinginkan secara kredit, maka Kamu harus membayar sejumlah uang sebagai uang muka. Besaran uang muka ini cukup bervariasi dan nantinya akan berpengaruh pada besaran cicilan yang harus dibayarkan per bulan.

Nah, jika kondisi finansial Kamu sedang bagus ketika mengambil kredit sepeda motor, maka akan lebih baik jika Kamu memilih nominal uang muka yang cenderung besar. Meskipun ada nominal yang lebih banyak, namun strategi ini cukup menguntungkan.

Dengan uang muka yang lebih besar, maka cicilan per bulan yang harus dibayarkan akan cenderung lebih sedikit. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa memilih tenor yang lebih pendek agar cicilan lebih cepat lunas.

5. Pertimbangkan Asuransi

Ada cukup banyak perusahaan leasing yang menawarkan program asuransi dalam pengambilan kredit sepeda motor. Dengan asuransi ini, maka akan ada perlindungan pada kendaraan yang menjadi objek kredit. Artinya, jika dalam kurun waktu tertentu ada masalah pada sepeda motor tersebut, maka ada penanggungan biaya yang akan didapatkan.

Hanya saja, adanya asuransi membutuhkan tambahan biaya. Artinya, selain biaya untuk cicilan kredit sepeda motor per bulan, ada biaya asuransi yang harus Kamu bayarkan. Oleh karenanya, pertimbangkan poin ini dengan matang.

Dengan beberapa poin di atas, Kamu bisa mengambil kredit motor dengan rasa aman. Hanya saja, perlu diketahui bahwa ada tanggung jawab yang besar ketika Kamu memutuskan untuk membeli sepeda motor secara kredit, termasuk membayar cicilan per bulan tepat waktu.