Seperti yang kita ketahui saat ini bisnis franchise kopi sedang naik daun, tentunya perkembangannya sangatlah pesat sehingga mendatangkan banyak pebisnis baru. Terdapat varian kopi susu yang kini jadi favorit anak muda hingga orang dewasa, rasanya yang agak pahit ternyata menjadi minuman kopi ini memiliki citra rasa tersendiri.

Jika Kamu masih bingung untuk memulai sebuah bisnis maka disarankan untuk memahami lebih dalam tentang peluang usaha kedai kopi dengan sistem Bisnis Kedai Kopi yang belakangan ini diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun ke depan. 

Tentunya setiap brand menawarkan konsep yang beragam dan juga varian rasa kopi yang semakin banyak karena bisnis franchise kopi yang berkembang pesat kini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat karena memberikan keuntungan besar untuk para pebisnis.

Daftar Franchise Kopi Terlaris di Indonesia

Jika Kamu tertarik untuk memulai bisnis franchise kopi maka ketahui daftar brand kopi terlaris yang ada di Indonesia, ini dia penjelasannya.

  1. Kopi Janji Jiwa

Ketahuilah kopi Janji Jiwa memiliki konsep kedai kopi kekinian yang desain ruangannya modern dan estetik, sehingga membuat anak muda tertarik mengunjunginya. Nah, kedai kopi ini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dikenal kedai kopi yang perkembangannya paling cepat.

Selain menawarkan kopi, ternyata Janji Jiwa juga menawarkan menu menarik lainnya yaitu roti panggang. Hanya saja menu ini tidak tersedia di semua outlet.

  1. Cetroo Coffee

Bisnis Kedai Kopi kopi sudah tersebar di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bali, dan Bekasi. Kedai kopi dengan brand ternama Cetroo Coffee menawarkan jenis minuman kopi susu, kopi boba, dan kopi brown sugar.

Tentu saja berbagai varian kopinya dikemas secara modern, sehingga memikat hati para anak muda yang berusia belasan sampai orang dewasa yang berusia 30 tahunan. 

Jika, kamu tertarik memulai bisnis kopi ini maka membutuhkan budget cukup banyak sekitar 60 jutaan, lebih mahal dibandingkan franchise kopi lainnya.

  1. Kopi Kulo

Kedai Kopi Kulo memiliki konsep mirip dengan cafe sehingga untuk menjalankan bisnis franchise tersebut  membutuhkan jumlah modal yang cukup banyak. Berbeda dengan franchise kopi lainnya, bisnis ini membutuhkan banyak ruang agar penataannya menarik.

Tak hanya desain ruangnya yang menarik, tetapi varian rasa yang ditawarkan tentunya cukup memikat para pengunjung terutama anak muda.

  1. Pesona Coffee

Terdapat franchise Pesona Coffee yang juga mengedepankan desain secara visualnya, tak hanya itu terdapat pula desain cup, booth, dan desain ruangan instagramable sehingga memikat hati para pengunjung.

Salah satu hal yang menjadi kelebihan Pesona Coffee untuk memikat para pengunjung yaitu mempunyai varian rasa yang menarik seperti coffee milk, pkamun coffee, lemon coffee hingga soy coffee pun ada.

Tips Mengembangkan Bisnis Franchise Kopi

Apabila Kamu tertarik untuk membangun bisnis franchise kopi maka ketahui terlebih dahulu beberapa tipsnya di bawah ini.

  1. Merencanakan Konsep Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan kedai kopi yaitu susunlah rencana konsep bisnis dengan matang untuk menarik perhatian para pengunjung dan investor.

Mulailah merencanakan berbagai konsep yang unik dan anti mainstream, jangan meniru konsep franchise kopi yang sudah ada.

  1. Melakukan Analisis Bisnis

Berikutnya, hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan bisnis usaha kedai kopi yaitu mulai melakukan analisis bisnis. Salah satunya dimulai dengan memperhitungkan besarnya modal, jumlah keuntungan yang didapatkan, dan memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.

Saat menjalankan bisnis sebaiknya kamu juga sudah mampu mengelola usaha agar dapat memilikigambaran dalam mengelola keuangan dengan benar.

  1. Tentukan SOP yang Berkualitas

Saat Kamu memulai menjalankan bisnis franchise kopi maka harus menentukan SOP yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan adanya tujuan dalam bisnis untuk menentukan pelayanan produk setiap brand dengan perlakuan yang sama.

SOP biasanya juga berkaitan dengan cara pemilihan bahan baku, penyajian, cara penyajian, dan pelayanan profesionalisme yang diberikan kepada pelanggannya.

  1. Mendaftarkan Merek atau Brand

Selanjutnya, kamu disarankan untuk mendaftarkan brand atau merk bisnis kopi yang akan dijalankan. Oleh karena itu, pastikanlah Kamu memilih brand atau merk kopi yang pastinya mudah diingat oleh para pelanggan.

Untuk mencegah adanya penjiplakan nama usaha maka kamu harus mendaftarkan merk bisnis daganganmu ke DJKI.

  1. Melakukan Manajemen Profesional

Ketahuilah sebuah bisnis yang sukses juga diawali dengan manajemen yang baik. Manajemen yang baik dapat dilakukan oleh orang yang profesional. 

Kamu benar-benar harus memilih partner bisnis yang profesional dan ahli di bidangnya, sehingga dapat melakukan manajemen profesional untuk usaha kopi dengan memperhatikan kualitas produk yang dijual.

Itulah seputar ulasan mengenai daftar franchise kopi ternama di Indonesia disertai dengan tips memulai bisnis usahanya.