Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang akrab dengan sebutan BPJS ini merupakan badan hukum publik yang dibentuk guna menyelenggarakan program jaminan kesehatan.  Program ini menjadi salah satu program unggulan yang digalakkan pemerintah guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Dengan pengguna merupakan seluruh masyarakat Indonesia, tentunya kebutuhan akan nomor BPJS itu penting. Selain berguna sebagai nomor identitas, nomor BPJS juga berguna untuk melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulanya. Selain itu nomor ini juga menyediakan informasi terbaru serta tagihan BPJS terkait dengan kesehatan penggunanya.

Mengingat pentingnya kepemilikan nomor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan cara cek BPJS ini memiliki keunggulan daripada badan penyedia asuransi lainya. Badan penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan ini memberikan beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan cek nomor BPJS.

Beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan kepada para penggunanya salah satunya terdapat dalam kemudahan melakukan pemeriksaan terhadap nomor BPJS. Pemeriksaan nomor BPJS ini dapat dilakukan melalui SMS Gateway, Mobile JKN, Situs Web BPJS Kesehatan, call center BPJS Kesehatan, dan melalui media sosial Twitter. Adapun cara cek BPJS sebagai berikut:

  1. Melalui SMS Gateway

Kemudahan dalam melakukan check nomor BPJS Kesehatan ini dapat digunakan melalui layanan SMS gateway, baik yang kehilangan kartu BPJS, kartu BPJS yang rusak, ataupun lupa membawa kartu BPJS. Pengecekan nomor BPJS dapat dilakukan dengan memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

SMS gateway ini dapat anda kirimkan melalui nomor 087775500400 dengan format SMS sebagai berikut; ketik NIK <spasi> Nomor Induk Kependudukan.

  1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Kemudahan selanjutnya yang ditawarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ini dalam melakukan cara cek BPJS dapat dilakukan dengan melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini telah tersedia dan dapat digunakan bagi para pengguna smartphone Android ataupun pengguna Iphone IOS. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat anda unduh melalui playstore ataupun appstore. Caranya pun sangat mudah, apabila kamu telah melakukan pendaftaran atau telah terdaftar, kamu hanya perlu masuk ke dalam aplikasi dan login menggunakan email dan password yang kamu miliki.

Setelah berhasil masuk, pilih menu “Peserta”, dalam menu tersebut akan didapatkan informasi berupa keanggotaan kamu didalam BPJS Kesehatan.

  1. Melalui Situs Web BPJS Kesehatan

Kamu juga bisa melakukan pengecheckan terkait dengan nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki dengan menggunakan situs web BPJS Kesehatan. Situs ini dapat kamu akses guna check nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki. Adapun Cara cek BPJS dapat kamu simak di bawah ini:

  • Masuk ke dalam laman BPJS Kesehatan dengan memasukan alamat url: bpjs-kesehatan.go.id dalam browser yang Kamu gunakan
  • Setelah masukan ke dalam situs BPJS Kesehatan pilih menu Cek Iuran BPJS Kesehatan
  • Selanjutnya kamu bisa menggunakan NIK atau nomor BPJS anggota keluarga dalam KK (Kartu Keluarga)
  • Masukan nomor tersebut dengan benar dan lakukan pengisian tanggal lahir
  • Tahap selanjutnya masukkan angka validasi yang muncul di layar peramban kamu dan klik cek.
  1. Melalui Call Center

Cara lain yang sangat mudah untuk dilakukan bagi kamu yang ingin melakukan cara cek BPJS dengan menggunakan NIK adalah dengan menghubungi call center yang tersedia. Cara cek BPJS dengan menggunakan NIK melalui call center dapat kamu lakukan dengan mudah.

Cara cek BPJS melalui call center dengan menghubungi atau menelepon nomor 1500 400 dengan call center yang beroperasi selama 24 jam tentunya sangat mempermudah kamu yang ingin segera mengetahui nomor BPJS Kesehatan. Setelah menghubungi nomor 1500 400. Petugas akan meminta kamu menyebutkan data diri untuk verifikasi.

Kamu hanya perlu menyebutkan data diri berupa menyebutkan Nomor Induk Keluarga (NIK), Nama Lengkap, dan Tanggal lahir. Jika data yang kamu sebutkan sesuai dengan data yang kamu masukan, maka nomor BPJS Kesehatan akan langsung disebutkan oleh petugas.

  1. Melalui Media Sosial Twitter

Cara cek BPJS dengan menggunakan NIK melalui aplikasi media sosial twitter tentunya sangatmenguntungkan bagi Kamu pecinta aplikasi burung biru ini. Hal ini dikarenakan melakukan cek nomor BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi ini. Dapat dilakukan dengan mudah.

Caranya dengan kamu hanya perlu mencari akun twitter resmi yang dimiliki BPJS Kesehatan yaitu @BPJSKesehatanRI. Selanjutnya kamu hanya perlu me-mention akun tersebut dan mereka akan dengan cepat menjawab mention yang telah kamu lakukan dengan menghubungi kamu melalui Direct Message.

Sebelum memberikan nomor BPJS Kesehatan yang kamu miliki, admin @BPJSKesehatanRI akan meminta validasi data yang kamu miliki, dengan format Nama lengkap, Tanggal lahir, dan Nomor Induk Keluarga (NIK). Apabila data yang kamu berikan benar maka nomor BPJS Kesehatan kamu akan langsung diberikan.

Begitulah beberapa cara cek BPJS yang dapat Kamu lakukan. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda dalam mengecek BPJS dengan baik.