Pernah mendengar istilah passive income? Ini merupakan istilah yang digunakan untuk penghasilan yang bisa kamu dapatkan tanpa harus melakukan upaya keras untuk mendapatkannya. Istilah kerennya, kamu tetap dapat uang meski sedang tidur.

Untuk bisa mendapatkan passive income sebenarnya mudah, namun harus membangunnya sejak dini. Berikut beberapa sumber passive income yang bisa kamu bangun mulai dari sekarang.

  1.  YouTuber

Siapa sih yang tidak tergiur dengan penghasilan para YouTuber yang mencapai puluhan, bahkan ratusan juta. Tidak hanya itu, YouTuber pun berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan lainnya lewat iklan sisipan sponsor, dan lainnya.

Nah passive income YouTuber sendiri datang dari video yang dia bikin. Makin banyak orang yang menonton video tersebut, makin tinggi pula potensi pendapatannya. Bahkan selama masih tayang, video tersebut akan tetap memberimu keuntungan, bahkan saat kamu sedang tidur.

Namun sebelum mendapatkan semua keistimewaan tersebut, kamu harus berjuang keras untuk membesarkan channel YouTube kamu dengan terus menyajikan video yang berkualitas.

  1. Blogger

Sebelum YouTube diserbu para pencari passive income, jadi blogger dianggap sebagai profesi paling menggiurkan. Bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan website, kamu berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang tidak kalah fantastis dengan YouTuber.

Namun bedanya, jika konten yang disajikan YouTuber berupa video, blogger lebih menyajikan konten dalam bentuk tulisan. Nah tulisan inilah yang akan jadi investasi kamu, sekaligus menghasilkan passive income yang tidak akan berhenti, selama artikel tersebut tayang.

Namun tantangan menjadi blogger cukup sulit. Selain harus punya kemampuan menulis yang baik, kamu pun harus belajar tentang SEO, dan berjuang terus menulis artikel yang menarik.

  1. Kontrakan atau Kamar Kost

Mungkin ini sedikit lebih mudah dan prosesnya lebih cepat ketimbang jadi Blogger atau YouTuber. Hasil yang didapat pun lebih pasti, tergantung seberapa banyak kamu memiliki kontrakan atau kamar kost, dan berapa yang terisi.

Namun semua kemudahan tersebut harus dibayar dengan biaya awal yang harus kamu keluarkan. Investasi untuk membuat kamar kost atau kontrakan memang tergolong cukup besar, selain biaya untuk membangunnya (termasuk tanah),, kamu pun harus memikirkan lokasi bangunan tersebut.

Selain itu, kamu pun harus mempersiapkan dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, dan biaya perawatan agar kontrakan atau kamar kost yang kamu kelola tetap bernilai tinggi.

  1. Jual Foto Online

Jika kamu punya hobi fotografi dan punya kemampuan editing yang mumpuni, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan passive income dengan cara menjual foto secara online. Banyak kok situs yang bisa membantu menjual hasil karya tersebut.

Misalnya Shutterstock, iStock, Getty Images dan lainnya. Nantinya pendapatan kamu berasal dari royalti foto yang diunggah di situs tersebut. Tentu untuk bisa mendapatkan lebih banyak uang, kamu harus terus mengunggah foto berkualitas tinggi, dan diminati banyak orang.

Meski pasarnya lebih segmented, dan tidak sebesar jadi YouTuber atau Blogger, tapi jual foto online relatif lebih mudah dengan modal yang cukup minim.

  1. Affiliate Marketing

Bisnis ini terbilang cukup menarik dan tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, Affiliate Marketing pun bisa dijadikan bisnis ‘tumpang sari’. Kamu bisa melakukannya sambil mengembangkan channel YouTube atau blog kamu. Menarik bukan?

Namun untuk mendapatkan uang dari Affiliate Marketing ini cukup sulit. Selain channel YouTube dan Blog kamu yang harus berkualitas tinggi, kamu pun harus punya kesabaran tinggi, dan sedikit keberuntungan untuk bisa sukses di bidang ini.

Selain itu, masih banyak bisnis lainnya yang bisa kamu olah untuk bisa menghasilkan passive income. Tergantung dari kecerdasan kamu dalam memanfaatkan setiap peluang yang ada. Semoga bermanfaat!