Kalau hanya didengarkan dari jauh, pasti kata tersebut rasanya mirip sebuah lagu yang begitu tenar beberapa tahun lalu. Tapi, manfaat dari deposito ini jauh lebih besar ketimbang si despacito loh! Apalagi buat Kamu anak muda yang masih dalam usia produktif.

Mengurai Intisari Deposito

Baiklah penjelasan singkatnya, kalau deposito merupakan salah satu jenis aset yang berkembang berdasarkan skala waktu tertentu. Nah, jenis aset seperti ini hanya dapat dilakukan dengan aset dingin (berasal dari gaji atau tabungan).

Apabila deposito dilakukan dengan aset pinjaman maka hasilnya justru rugi. Sebelum melakukan deposito tentu kita harus sadar betul bagaimana cara kerja serta aturan mainnya.

Dapat dikatakan ketika seseorang dalam usia produktif melakukan deposito maka ada kemungkinan ketika memasuki usia pensiun, aset yang didapatkan akan lebih banyak.

Sayangnya anak milenial serta gen Z, lebih menyukai jenis investasi lain seperti saham ataupun crypto currency. Padahal deposito memiliki resiko lebih rendah juga dengan keamanan yang jauh lebih terjamin.

Jenis deposito juga bermacam-macam, biasanya deposito diukur dari besarnya nilai aset ditambah dengan jangka waktu yang dipilih. Deposito biasanya memiliki jenis berjangka (diambil dalam beberapa bulan).

Jangka deposito yang paling umum kita jumpai adalah 1, 2, 3, 6, 12, 24, 36 varian selain itu biasanya harus menggunakan kontrak eksklusif dengan pihak bank.

Minim Resiko

Memang deposito juga memiliki kekurangan berupa resiko menurunnya nilai aset. Tetapi hal tersebut hanya akan terjadi apabila terjadi inflasi yang cukup parah pada suatu mata uang.

Dalam deposito Kamu dapat memilih mata uang apa yang ingin Kamu gunakan. Kebanyakan orang indonesia tentu memilih rupiah ataupun dollar Amerika dalam melakukan deposito. Mengapa? Tentu karena nilai dollar AS yang tergolong sangat stabil.

Terlebih lagi, berkembangnya nilai deposito berasal dari bunga yang didapat bukan dari pertumbuhan nilai aset. Tentunya hal ini akan sangat menarik bagi Kamu yang masih bekerja, daripada uangmu nganggur akan lebih bagus jika itu juga bisa menghasilkan.

Resesi No Worry

Terkadang banyak orang selalu takut akan adanya resesi ekonomi. Dengan deposito Kamu bakal aman dari resesi ekonomi yang mungkin terjadi. Berbeda dengan saham serta crypto yang sangat rentan terhadap resesi, deposito justru malah lebih aman.

Satu hal yang masih berpeluang mengganggu nilai deposito Kamu yaitu inflasi yang besar. Inflasi akan membuat nilai uang yang Kamu simpan menjadi menurun. Berbeda dengan resesi yang mana merupakan penurunan GDP secara kolektif.

Kelemahan Deposito

Meskipun memiliki banyak kelebihan deposito juga memiliki kekurangan. salah satu kekurangan yang akan Kamu temukan dalam deposito adalah nilai imbalnya kecil.

Apabila Kamu membandingkan deposito dengan jenis investasi lain (obligasi/saham) nilai imbalan nya tergolong kecil. Tapi tenang, dari nilai yang kecil itu deposito memberikan jaminan keamanan investasi.

Selain itu, deposito juga memiliki nilai investasi yang tidak bertambah. Mengapa hal itu terjadi karena aset yang digunakan dalam investasi adalah uang.

Maka dari itu nilai investasinya tidak akan bertambah tetapi Kamu ga perlu khawatir karena dengan nilai deposito yang cukup, bunga yang didapat akan terbilang menguntungkan.

Mengapa Harus Investasi?

Investasi merupakan salah satu alat untuk menyambut masa tua yang paling mudah. Memang investasi tidak bisa dilakukan dengan cara menggunakan dana yang dipinjam karena terkait dengan bunga yang didapatkan dan yang harus dibayar.

Apabila di usia muda Kamu sudah melakukan investasi, pasti dalam perjalanan menuju masa pensiun akan lebih tenang. Tentunya hal tersebut terkait dengan psikologi orang tersebut. Dengan sering melakukan investasi jangka panjang Kamu akan terlatih secara mental.

Kebanyakan dari masyarakat Indonesia melupakan betapa pentingnya investasi pada usia muda. Pakaian hal ini merupakan salah satu hal yang menunjukkan bagaimana pola pandang kita terhadap masa depan ketika memasuki usia senja.

Usia senja pastinya tidak dapat kita tentukan. Ada beberapa momentum dalam hidup yang membuat Kamu terpaksa untung menempuh pensiun dini. Hal semacam itu sudah barang tentu perlu Kamu persiapkan.

Nandur Jati (Persiapan Jangka Panjang)

Investasi ataupun deposito dapat dikatakan sebagai nandur jati. Sebab apa yang Kamu lakukan sekarang akan kita nikmati nanti. Membentuk mental diri yang lebih kuat sangat dipengaruhi oleh hal-hal seperti ini.

Kamu bisa bayangkan ketika Kamu tidak dapat berinvestasi karena tidak pernah melakukan latihan ketika muda, lantas harus memasuki usia pensiun kira-kira apakah Kamu dapat bertahan dengan hidup tanpa gaji?

Meski terlihat sederhana dan Kamu masih bisa bertahan, ketika datang masa-masa itu akan terasa sangat sulit jika Kamu tidak bisa memahami bagaimana seluk-beluk dunia investasi. Investasi sifatnya jangka panjang dan tidak instan.

Hal itulah yang membuat kita dapat berpikir lebih visioner dalam menjalani kehidupan. Hal-hal yang perlu Kamu pikirkan adalah “ketika memasuki usia senja nanti apa yang sudah saya siapkan saat ini?”