Kamu pernah mendengar istilah Bisnis Franchise atau Waralaba? Nah kalau kamu belum tahu, cobalah untuk melihat gerai-gerai seperti starbuck, McDonald, KFC, AlfaMart, IndoMaret, dan lainnya. Bisnis-bisnis tersebut begitu menggurita, bahkan hingga pelosok.

Gerai-gerai yang ada di daerah kamu tersebut pada dasarnya bukan anak cabang yang berasal dari satu perusahaan induk, namun itu merupakan bagian dari Bisnis Franchise, yanki hubungan bisnis yang berkembang dengan berfokus kepada pengelolaan dan penggunaan dari hak intelektual.

Ide bisnis ini muncul karena banyak pengusaha baru yang kesulitan mengembangkan merek atau brand miliknya sendiri, karena dominasi dari brand-brand pesaing yang namanya sudah lebih dulu melambung.

Selain itu, ada beberapa pengusaha yang tidak hanya mengelola satu bisnis, sehingga dia tidak punya cukup waktu untuk mengembangkan brand miliknya. Alhasil, dia memilih menggunakan brand milik orang lain yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat demi memotong ongkos promosi.

Kelebihan Bisnis Franchise

Membangun brand merupakan hal yang paling sulit dan memakan ongkos yang cukup besar. Aktivitas ini pun membuang waktu yang cukup lama. Tentu saja itu belum tentu berhasil. Kamu bisa lihat sendiri, berapa banyak brand baru yang muncul, namun kini menghilang ditelan kerasnya persaingan.

Disinilah Bisni Franchise menawarkan diri sebagai solusi untuk memulai bisnis dengan menggunakan brand yang sudah matang. Dengan menjadi bagian dari bisnis ini, kamu kini tidak perlu lagi memikirkan hal tersebut, sehingga ongkos promosi bisa ditekan serendah mungkin.

Selain itu, ada beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari Bisnis Franchise, diantaranya:

  1. Sistem manajemen sudah terbentuk, sehingga kamu hanya perlu menjalankannya sesuai dengan SOP yang diberikan. Cocok buat kamu yang ingin ‘bermain aman’.
  2. Sistem manajemen bisnis yang sudah terbentuk, akan membuat sistem manajemen finansial jadi lebih mudah dijalankan. Sekali lagi, kamu hanya perlu mengikutinya saja.
  3. Dukungan dan keamanan yang jauh lebih kuat. Hal ini disebabkan karena jaringan bisnis ini akan saling mendukung untuk menjaga barangnya tetap berkembang.
  4. Kamu akan lebih mudah mendapatkan konsumen. Hal ini disebabkan karena brand mereka sudah terbentuk, sehingga tingkat kepercayaan konsumen pun jauh lebih tinggi.
  5. Kemudahan mendapatkan konsumen akan membuat peluang balik modal, dan meraih keuntungan jadi lebih besar. Tentu kamu pun tidak butuh banyak upaya promosi.

Dalam beberapa kondisi, kamu pun akan lebih mudah mendapatkan tambahan sumber modal. Tentu saja ini bisa didapat karena bisnis yang kamu jalankan sudah menggunakan brand ternama.

Kekurangan Bisnis Franchise

Dibalik kelebihannya, tentu saja bisnis ini pun memiliki banyak kekurangan. Jika kamu termasuk orang yang suka membuat inovasi, terus mengembangkan produk dan ingin mendapat kebebasan dalam manajemen bisnis, jelas bisnis ini tidak cocok untukmu.

Selain itu, ada beberapa kekurangan lainnya yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan terjun ke ke dalam bisnis Bisnis Franchise, diantaranya:

  1. Kamu tidak punya kebebasan untuk memilih supplier, mengingat dalam bisnis ini semua produk yang dijual sudah ditentukan oleh si pemilik merek.
  2. Reputasi bisnis sangat terikat dengan pengusaha lainnya. Saat merchant lainnya melakukan ‘dosa’ yang tidak bisa dimaafkan konsumen, maka kamu pun akan kena imbasnya.
  3. Kamu diwajibkan untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai bagian dari pembayaran royalti atas merek yang digunakan.

Dengan kata lain, Bisnis Franchise sangat cocok buat kamu yang ingin menghasilkan uang tanpa harus keluar keringat banyak. Sementara buat kamu yang senang berinovasi, baik dalam produk maupun sistem bisnis, maka bisnis ini sebaiknya dihindari.