Merdeka finansial atau financial freedom merupakan salah satu kondisi yang paling banyak diimpikan banyak orang. Dalam kondisi ini, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan masalah keuangan, karena semua kebutuhan sudah dicover seluruhnya oleh pendapatan bulanan kamu.

Tidak hanya itu, kamu pun kini sudah bisa tenang karena tidak ada hutang yang harus dibayar dan dana darurat pun tersedia setidaknya setara dengan 6 bulan dari total pendapatan bulanan kamu.

Untuk mencapai level ini, trading dan investasi merupakan dua hal yang sering digunakan untuk bisa mencapai titik merdeka finansial dengan cepat. Namun dari keduanya, manakah yang lebih baik. Apakah harus memilih investasi atau mencari keuntungan lewat trading?

Investasi

Investasi merupakan aktivitas menanamkan modal atau aset kepada perusahaan atau perorangan untuk mendapatkan keuntungan finansial. Kunci utama kesuksesan dalam berinvestasi adalah, kamu harus jeli dalam melihat peluang, dan mengeksekusi peluang tersebut dengan cepat dan tepat.

Selain itu, seorang investor pun harus paham dengan prinsip buy and hold, artinya kamu menahan instrumen investasi tersebut demi mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Instrumen investasi sendiri tersedia cukup banyak, kamu bisa berinvestasi di saham, menanamkan modal di perusahaan startup, atau memilih investasi yang sangat minim resiko seperti emas atau logam mulia, reksadana pasar uang, hingga obligasi milik pemerintah.

Nah mengenai keuntungannya, tergantung dari instrumen investasi yang kamu pilih. Jika tepat dalam mengalokasikan dana, kamu bisa mencapai level merdeka finansial hanya dalam beberapa tahun saja. Jadi, kunci utamanya adalah, jeli dalam melihat peluang investasi.

Trading

Sesuai dengan namanya, trading merupakan aktivitas jual beli. Konsep utamanya adalah, kamu membeli sebuah produk, kemudian menunggu momentum terbaik untuk menjualnya kembali. Aktivitas ini tentu sangat beresiko, namun menjanjikan keuntungan yang sangat besar.

Jika kamu berhasil memanfaatkan momentum, bukan tidak mungkin impian untuk meraih merdeka finansial bisa tercapai dalam beberapa kali perdagangan saja.

Dalam aktivitas trading, umumnya produk yang dijual merupakan produk-produk pasar berjangka, seperti bitcoin, binary, forex, dan lainnya. Selain itu, emas dan saham pun bisa dimasukkan ke dalam aktivitas trading ini. Tergantung strategi yang ingin kamu mainkan.

Jika dibandingkan dengan investasi, trading jauh lebih berisiko namun menjanjikan keuntungan yang sangat besar. Selain itu, produk dalam trading umumnya tidak akan disimpan dalam waktu lama, mengingat kunci utama aktivitas ini adalah, memanfaatkan momentum.

Mana Yang Terbaik?

Jika kamu termasuk orang yang senang dengan analisa bisnis, terus mengikuti pergerakan pasar dan hal-hal yang dapat mempengaruhinya, aktivitas trading bisa jadi pilihan utama. Selain itu, aktivitas trading pun bisa jadi pilihan utama buat kamu yang senang bermain dengan resiko.

Namun jika kamu termasuk orang yang senang ‘membangun’, menyimpan aset dalam waktu yang lama, dan tidak terlalu intens memperhatikan pergerakan pasar, maka investasi bisa dijadikan pilihan utama. Tapi ingat, meski tidak sebesar trading, resiko investasi tetap ada.

Bagaimana jika ingin menjalani keduanya? (Jika mampu) Itu jauh lebih baik. Kamu bisa mengandalkan aktivitas trading untuk mendapat keuntungan instan dalam jumlah yang besar, kemudian gunakan keuntungan tersebut untuk membuka investasi.

Jika dijalankan dengan maksimal, ini merupakan kombinasi sempurna. Bahkan kamu bisa mencapai level merdeka finansial dalam waktu yang sangat singkat. Selamat mencoba, semoga sukses!