Belakangan ini sosial media tidak hanya dijadikan sebagai alat untuk bersosial atau berkomunikasi di dunia maya, namun beberapa orang yang cerdas memanfaatkan peluang kerap menggunakan akun sosial medianya untuk kebutuhan bisnis, termasuk memanfaatkan TikTok untuk bisnis.

Secara konsep, TikTok seharusnya hanya jadi aplikasi video pendek yang menampilkan kemampuan seseorang dalam berjoget. Namun jangan salah, dengan trik ini kamu pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk berbisnis, atau mengembangkan bisnismu.

  1. Jadikan Akun Bisnis

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengupgrade akun TikTok reguler menjadi akun bisnis. Fasilitas ini awalnya dikembangkan untuk para pengguna yang ingin punya fasilitas lebih, atau mereka yang ingin mendapatkan lebih banyak follower dengan mudah.

Namun belakangan ini fasilitas tersebut mulai dikembangkan sebagai solusi bisnis, termasuk membantu memaksimalkan promosi produk dan pemasaran. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mendaftarkan diri menjadi akun bisnis. Kamu pun bisa menyertakan link lapak jualan di e-commerce.

  1. Buat Konten Menarik

Tentu video yang kamu unggah tidak akan mendapatkan view yang banyak jika tidak menampilkan hal yang menarik. Maka dari itu, sebelum memanfaatkan TikTok untuk bisnis, pastikan kamu membuat dulu konten menarik yang sesuai dengan produk yang ingin dipromosikan, atau dipasarkan.

Jangan lupa siapkan juga beberapa sisipan promosi dalam video yang dibuat, mulai dari kalimat atau tulisan, sisipan audio, dan lainnya. Dengan cara ini, pengguna TikTok yang lainnya akan memahami maksud kamu, dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

  1. Maksimalkan Fitur Yang Tersedia

Ada banyak fitur menarik yang bisa dimanfaatkan dalam aplikasi TikTok, mulai dari penambahan musik, filter, sticker, effect hingga voice changer function. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, video yang kamu buat akan terlihat lebih menarik dan profesional.

Tidak hanya itu, fitur-fitur tersebut pun akan membuat pekerjaan kamu jadi lebih mudah, cepat, dan hasilnya jadi lebih maksimal. Trik ini bisa kamu maksimalkan dengan penambahan caption menarik dan Hastag yang sedang populer dan berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan.

  1. Posting Konten di Waktu yang Tepat

Timing atau waktu upload video sangat berpengaruh kepada jumlah viewers video. Makanya, sebaiknya pilih waktu yang tepat, misalnya saat jam-jam ketika pengguna TikTok banyak, atau bisa juga teknik ini dipadukan dengan penentuan waktu online pengguna sesuai dengan target pasar.

Selain itu, agar lebih maksimal dalam memanfaatkan TikTok untuk bisnis, sangat di sarankan agar kamu mengunggah konten secara berkala, misalnya 1-2 video per hari. Dengan begitu, para pengguna tidak akan bosan karena selalu disuguhi dengan koleksi video terbaru.

  1. Pasang Iklan TikTok

Ingat, tujuan utama kamu adalah, memanfaatkan TikTok untuk bisnis. Jadi jangan ragu untuk menggunakan TikTok Ads. Trik ini akan membuat pengguna TikTok lebih mudah mengenal bisnis yang kamu geluti karena video yang kamu unggah akan selalu mereka lihat di halaman utama.

Kamu bisa memilih jenis iklan yang tersedia dalam TikTok Ads, mulai dari Pre-roll ads, In-feed ads, Promoted hashtag challenges, branded effects, dan lainnya. Kamu bisa memilih satu atau dua jenis iklan tersebut, atau bisa juga mengkombinasikannya sesuai dengan kebutuhan.

Teruslah melakukan analisa pasar dan target agar upaya promosi dan penyajian konten bisnis yang kamu sajikan lebih bermanfaat dan punya efek besar bagi perkembangan bisnismu.