Selama bulan puasa, kamu memang tidak akan makan dan minum di siang hari. Tidak hanya itu, di malam hari pun tidak punya banyak kesempatan untuk jajan, mengingat setelah berbuka puasa, atau lebih tepatnya setelah Isya kamu akan pergi ke masjid untuk menunaikan shalat tarawih.

Namun faktanya, banyak orang yang justru mengalami pengeluaran berlebih selama bulan puasa. Nah kamu nggak mau kan hal ini terjadi? Mendingan kita simak yu tips hemat selama puasa biar kamu bisa berbagai penuh saat lebaran nanti.

  1. Stok Persediaan di Awal Bulan

Terlihat lebih hemat, padahal sadar atau tidak ternyata belanja dengan cara mencicil akan membuat pengeluaran kamu lebih banyak. Niat hati ingin membeli satu atau dua produk sebagai pelengkap, saat masuk mall kamu malah tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Ini belum termasuk biaya parkir, biaya bensin dan lainnya. Maka dari itu, untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting sebaiknya buat daftar belanja untuk satu bulan, dan timbun semuanya di rumah. Tapi ingat, wajib disiplin dengan daftar belanja yang sudah dibuat.

  1. Batasi Berbuka di Luar Rumah

Selama bulan ramadhan biasanya kamu akan menerima cukup banyak ajakan berbuka puasa, mulai dari teman nongkrong, teman SD, teman SMP, teman SMP, teman kuliah, komunitas, dan lainnya. Makin banyak jaringan pertemanan yang kamu jalin, makin banyak pula ajakan untuk berbuka bersama.

Karena jadwal yang begitu padat, pastikan kamu tidak terlalu banyak berbuka di luar rumah. Jika ingin melakukannya, tunggu acara buka bersama yang dilakukan bersama teman-teman atau kerabat. Itu pun tidak perlu semuanya dihadiri, cukup hadiri acara yang dianggap sangat penting saja.

  1. Jaga Kualitas dan Pola Makan

Selama berpuasa, kamu hanya makan sore dan dini hari saja. Perubahan pola makan ini sebenarnya sudah dibuktikan punya banyak manfaat kesehatan. Namun yang jadi masalah, terkadang banyak orang yang menjadikan saat berbuka puasa sebagai momen balas dendam.

Kondisi ini jelas buruk bagi keuanganmu. Selain akan membuat kamu gagal hemat selama puasa, kebiasaan ini pun berbahaya bagi kesehatan karena bisa mengundang penyakit. Demi kesehatan dan keuanganmu, pastikan untuk selalu menjaga kualitas dan pola makan yang baik.

  1. Manfaatkan Promo dan Diskon

Selama bulan puasa, kamu pasti akan menemukan banyak penawaran menarik, mulai dari produk fashion, makanan dan lainnya. Namun meski kamu menginginkannya, bersabarlah karena pada waktunya akan ada penawaran yang jauh lebih menarik.

Biasanya, promo dan diskon besar-besaran akan datang di minggu-minggu akhir bulan puasa. Manfaatkan penawaran menarik tersebut untuk membeli produk yang dibutuhkan. Tapi ingat, tetap kendalikan diri, jangan sampai kamu kalap dan membeli produk yang akhirnya hanya jadi pajangan.

  1. Jangan Terlalu Berharap THR

Banyak orang yang berani mengeluarkan banyak uang selama bulan puasa karena yakin akan mendapatkan THR menjelang lebaran nanti. Mulai sekarang, buang pola pikir tersebut karena akan membuat kamu lebih konsumtif. Anggap saja kamu nggak punya THR.

Saat menerimanya, simpan uang tersebut untuk dimasukkan ke dalam dana darurat. Jika kamu sudah memiliki dana darurat dalam jumlah yang cukup, kamu bisa menggunakan THR untuk investasi, atau bisa juga digunakan untuk membiayai liburan pasca lebaran.

Sebagai catatan, islam mengajarkan kamu untuk lebih hemat selama puasa. Jika ada uang lebih, jangan lupa sisihkan uang tersebut untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan.