Jika bertanya apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah saldo dalam rekening, kamu akan menemukan jawaban yang relatif sama, yakni menabung. Namun jika bicara tentang cara menabung, kamu akan menemukan banyak trik yang bisa dipilih, tergantung dari selera masing-masing.

Nah buat kamu yang butuh inspirasi terkait trik menabung, berikut merupakan beberapa cara unik menabung yang bisa kamu gunakan untuk memastikan rekeningmu semakin berisi.

  1. Tren Menabung Rokok

Kita semua tahu jika pengeluaran untuk membeli rokok tergolong sangat besar, bahkan dalam satu hari banyak orang yang mengalokasikan dana lebih dari 30 ribu Rupiah. Coba kalau uang tersebut dikumpulkan, dalam satu bulan setidaknya kamu sudah punya tabungan, setidaknya 900 ribu Rupiah.

Sadar dengan dampak buruk rokok bagi kesehatan dan perekonomian, banyak orang yang akhirnya mengalihkan uang jatah rokok mereka ke dalam celengan. Celengan inilah yang kemudian mereka bongkar untuk ditabung, atau digunakan membeli barang yang mereka inginkan.

  1. Menabung Uang Bensin

Cara unik menabung uang bensin ini pada dasarnya sama seperti menabung uang rokok, hanya saja dalam prakteknya kamu menyisihkan uang bensin untuk dimasukkan ke dalam celengan. Sebagai gantinya, kamu bisa berangkat kerja atau beraktivitas dengan menggunakan sepeda.

Jika belum punya sepeda, mungkin kamu harus sedikit menyiapkan ‘modal’ untuk membeli sepeda. Keuntungan dari teknik menabung ini, kamu tidak hanya diajarkan untuk berperilaku hidup hemat, tapi juga mengajarkan hidup sehat dan menjaga kelestarian alam.

  1. Tabungan Coin

Kalau kamu perhatikan, kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan uang koin, apalagi pecahan 50-500 Rupiah. Bahkan karena dianggap tidak berharga, banyak orang yang mengabaikan, bahkan ‘malu’ memungutnya kembali saat uang koin tersebut terjatuh di tempat umum.

Padahal kalau dikumpulkan, uang koin tersebut bisa membuat rekening kamu tambah gemuk lho. Caranya, kumpulkan setiap uang koin yang kamu punya dalam celengan sementara, kemudian bongkar celengan tersebut secara berkala. Hasilnya, kamu bisa menyetorkannya ke bank.

  1. Menabung Emas

Jika sudah bosan menabung uang, kamu mungkin bisa mencoba cara unik menabungdengan menabung emas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk ini, pertama dengan mengalokasikan dana khusus per bulan untuk membeli emas. Emas inilah yang kemudian akan disimpan sebagai tabungan emas.

Cara kedua bisa dilakukan dengan menabung emas di bank atau pegadaian. Cara ini jauh lebih mudah, dan nggak jauh beda dengan cara menabung lainnya. Kamu tinggal membuat kesepakatan dengan pihak bank atau pegadaian, kemudian tinggal ikuti sesuai perjanjian awal.

  1. Menabung Sampah

Pernah mendengar istilah bank sampah, dan menabung sampah? Untuk cara unik menabung ini kamu bisa jalankan dengan berperan sebagai bank sampah, sebagai pengumpul sampah, atau malah bisa juga memainkan kedua peran tersebut di satu waktu.

Caranya, kumpulkan sampah (mengumpulkan sendiri maupun dari orang lain), kemudian pisahkan jadi dua kategori, sampah organik dan non-organik. Untuk non-organik, kamu bisa menjualnya ke bandar barang bekas, semetara untuk sampah organik bisa diolah jadi pupuk organik.

Hasil dari penjualan barang sampah tersebut bisa kamu tabungkan di bank atau bisa juga diputar untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Bagaimana, ternyata menabung itu mudah bukan?