Kalau bicara soal komputer maka pasti kita akan teringat laptop. Namun ketika bicara laptop kemungkinan besar kita tidak akan mengingat komputer. Itu semua disebabkan karena laptop merupakan evolusi pertama dari komputer desktop sebagai komputer yang mobile.

Semua pekerjaan pada saat ini hampir seluruhnya memerlukan kinerja sebuah komputer. Mulai dari kasir hingga penulis artikel yang duduk di sudut kamarnya. Tidak ada bagian dari zaman ini yang tidak lengkap dengan komputer.

Tetapi, sayangnya kehidupan ekonomi pada masa yang sulit ini tidaklah begitu bersahabat. Beberapa orang bahkan harus mengorbankan komputernya untuk hidup sehari-hari.

Namun Kamu tak perlu khawatir, Kamu dapat menemukan kredit laptop online dengan mudah serta murah. biasanya orang lebih memilih untuk kredit laptop daripada harus membeli laptop dengan cash.

Hal tersebut dikarenakan pembelian laptop dapat ditanggung cicilannya oleh gaji bulanan mereka. Mengingat tetap merupakan salah satu kebutuhan pokok saat ini, makin menjamurnya kredit laptop online merupakan salah satu solusi atas masalah tadi.

Pilih yang Resmi

Apabila Kamu memutuskan untuk melakukan kredit laptop online, pastikan Kamu memilih sumber yang resmi. Sumber resmi yang dimaksud contohnya Tokopedia, shopee ataupun berapa e-commerce lain.

Apabila melakukan kredit atau dari nama-nama besar itu, paling tidak setengah dari keamanan kita sudah jelas terjamin oleh perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan itu tidak akan menggadaikan nama besarnya demi keuntungan yang relatif kecil.

Tentunya setiap program kredit akan memberikan jenis tawaran yang berbeda-beda. Ada yang perlu menggunakan kartu kredit sebuah bank tertentu. Seperti shopee menggunakan kartu kredit Bank Mega, ataupun Tokopedia dengan kartu kredit bank mandiri.

Namun kita juga bisa melakukan pencucian laptop melalui kredivo dan akulaku. di sini Kamu akan mendapatkan kemudahan yakni tidak perlu memberikan uang muka. Cicilan bulanan akan dilakukan langsung melalui rekening bank Kamu.

Kemudahan tersebut, akan sangat membantu apabila Kamu sedang kesulitan pada masalah ekonomi. Apalagi saat ini, pandemi membuat segala hal menjadi sangat rumit bagi beberapa orang. Akan tetapi kebutuhan tetap harus berjalan, maka pintu kredit adalah satu-satunya jalan.

Pilih Sesuai Keperluan

Dalam memilih laptop, pastinya Kamu harus berhitung berapa jauh kebutuhan Kamu. Apabila Kamu hanya ingin bekerja kantoran maka jangan beli laptop gaming. Alasan pertama yakni Kamu harus menghemat pengeluaran.

Alasan kedua Kamu tidak perlu spek gaming untuk melakukan kerja kantoran seperti Excel dan word. Spek gaming hanya diperlukan ketika Kamu ingin bermain game berat. Sedangkan apabila Kamu ingin bermain game maka sangat tidak etis apabila melakukan kredit.

Tetapi jika Kamu bekerja dengan bermain game maka tidak ada salahnya apabila Kamu ingin melakukan pembelian laptop gaming.

Pastinya Kamu harus memilih sesuai dengan keperluan dan kemampuanmu. Jangan sampai laptop yang Kamu beli terlampau mahal dan bahkan sangat berat untuk dicicil dengan gaji bulanan.

Jika itu terjadi pada saat yang sulit seperti ini sama saja dengan proses bunuh diri perlahan yang lebih menyiksa daripada minum sianida.

Bunga-Bunga di Taman Piutang

Kalau Kamu sudah memilih untuk melakukan kredit, pilihlah tempat kredit yang memiliki bunga cukup realistis. Sebab pemilihan bunga awalan ini sangatlah krusial.

Kalau Kamu tidak melakukan pemilihan dan asal saja dalam kredit, bisa jadi Kamu kesulitan pada saat membayar karena bunganya terlalu besar. Bunga yang terlalu besar akan berefek pada keuangan Kamu selama Kamu melakukan kredit.

Kalau melihat bunga anggrek itu memang cantik, tetapi kalau bicara soal bunga piutang tentu saja kita harus lebih berhati-hati. Bunga utang ini kadang daya pikatnya melebihi bunga-bunga yang lain.

Memang terlihat rendah mungkin hanya sekitar 1,99% perbulan. Tapi apabila dihitung per tahun? Selama 2 tahun? Maka hasilnya 47%. Yang berarti Kamu harus membayar harga laptop lebih mahal 47% dibandingkan harga asli.

Angka itu tidaklah masalah ketika Kamu memang menyadari bahwa itu satu-satunya pilihanmu. Akan tetapi Kamu tetap bisa membuat angka tersebut jauh lebih rendah ketika Kamu memilih tempat kredit yang benar serta teliti.

Maka dari itulah Kamu harus teliti dalam memilih tempat Kamu melakukan kredit. Jangan sampai Kamu rugi ataupun merasa menyesal karena melakukan kredit di tempat yang salah.

Pilih Brand yang Durable

Dalam memilih laptop, pastikan Kamu memiliki peran yang tahan lama. Sebab hal itu akan sangat berkaitan dengan cara Kamu melunasinya. Apabila Kamu hanya membeli laptop yang tanggung dan tidak awet ada kemungkinan ketika lunas nanti laptopnya sudah rusak.

Kamu harus melihat spek yang Kamu ingin beli. Jangan terlalu tinggi jangan juga terlalu rendah. Apabila Kamu memilih laptop dengan spek yang cukup baik dan durable, web tersebut masih akan dapat digunakan untuk menghasilkan selama Kamu melunasi cicilannya.

Jangan lupa Kamu juga pasti kan rencana finansialmu sesuai dengan pilihan laptop yang Kamu ingin beli. selain itu pastikan juga cicilannya sudah termasuk dalam perencanaan keuanganmu  dengan matang.