Mempunyai mobil pribadi sudah menjadi impian dari banyak orang. Karena berbeda dengan angkutan umum, mobil pribadi ini menawarkan kenyamanan, keamanan dan kemudahan.

Namun yang menjadi masalah adalah harga mobil baru tidaklah murah. Ada banyak jenis mobil, tipe, dan tahun pembuatannya yang harganya juga berbeda-beda.

Harga mobil ini bahkan meningkat setiap tahunnya. Namun secara umum, naik turunnya harga dari sebuah mobil dipengaruhi oleh beberapa hal.

Contohnya seperti nilai tukar mata uang rupiah dengan mata uang asing, inflasi, dan biaya produksi. Namun Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah bisa kredit mobil.

Tips Kredit Mobil Baru

Namun sebelum melakukan kredit sebuah mobil, ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Berikut ini adalah tips kredit mobil baru.

  1. Ketahui Kebutuhan Kamu

Pertama Kamu harus mengetahui kebutuhan Kamu sendiri, apakah memang benar-benar perlu untuk membeli mobil  dan jenis mobil yang kau butuhkan?

Karena membeli mobil di luar kebutuhan akan mengakibatkan masalah yang fatal untuk keuangan Kamu. Contohnya jika Kamu sudah berkeluarga dan memiliki dua anak, dan Kamu ingin membeli sebuah  mobil baru.

Maka mobil paling tepat yang harus Kamu beli adalah mobil keluarga supaya ketika bepergian semua bisa ikut dengan nyaman, jangan malah membeli mobil sport.

  • Cek Kondisi Keuangan

Sebelum Kamu kredit mobil, Kamu juga harus tahu dengan jelas kondisi keuangan Kamu. Cek dulu keuangan Kamu dengan cara sederhana.

Contohnya hitung penghasilan Kamu perbulannya, jumlah uang muka untuk kredit mobil, dan berapa cicilan yang sanggup Kamu bayarkan tiap bulannya.

Mengecek kondisi keuangan sangat diperlukan supaya tidak terjebak kredit macet yang mungkin terjadi nantinya.

Hitung dengan teliti kemampuan keuangan Kamu sebelum kredit mobil, pastikan Kamu memiliki uang yang cukup untuk DP kredit mobil yang akan Kamu beli.

  • Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit ini juga harus Kamu lakukan supaya Kamu mempunyai gambaran tentang kemampuan keuangan Kamu untuk membayar cicilan mobil tersebut nantinya.

Ada banyak sekali penyedia jasa keuangan yang memberikan layanan simulasi secara gratis secara online lewat website mereka.

Nah, jika Kamu kurang yakin dengan melakukan simulasi kredit sendiri, Kamu bisa pergi ke dealer mobil pilihan Kamu dan melakukan simulasi kredit di sana.

Simulasi kredit ini dilakukan untuk menentukan cicilan dan juga tenor kredit yang sesuai dengan kemampuan keuangan Kamu.

Jangan memaksakan cicilan bulanan yang besar yang bisa membuat keuangan Kamu jadi kacau.

  • Pertimbangkan Biaya Lainnya

Ketika mau kredit mobil, Kamu juga harus memperhatikan biaya-biaya yang lain terkait dengn mobil tersebut sebagai bahan pertimbangkan.

Contohnya biaya untuk bensin mobil selama sebulan, pajak kendaraan, biaya perawatan mobil, biaya parkir di tempat kerja, dan lain sebagainya.

Nah, silahkan tanyakan pada diri Kamu sendiri. Apakah Kamu sudah siap mengeluarkan biaya-biaya tersebut setelah membeli mobil?

Karena biaya yang sepele ini bisa memberatkan jika dijumlah secara keseluruhan, jadi lebih baik Kamu mempersiapkan dan menghitungnya terlebih dahulu.

  • Temuan Leasing yang Tepat

Sebelum kredit mobil, lakukan perbandingan antara satu leasing dengan leasing yang lain supaya bisa menemukan leasing terbaik untuk melakukan pembelian.

Ada banyak leasing yang sudah menyediakan layanan kredit, jadi Kamu tidak perlu terburu-buru dalam memilih leasing untuk membeli mobil yang baru.

Kamu harus jadi pembeli yang cerdas. Ketika membandingkan leasing satu dengan yang lain ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan.

Yaitu proses dan persyaratan pengajuan kredit mobil, bunga yang akan Kamu tanggung, perlindungan asuransi, kemudahan pembayaran, dan proses pengambilan BPKB.

  • Pilih Sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali tawaran kredit mobil, Kamu harus jadi pembeli yang cerdas yang membeli mobil sesuai dengan kebutuhan, bukan keinginan Kamu sendiri.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi keuangan Kamu ketika mengambil kredit mobil. Tentukan kredit mobil sesuai kemampuan dan kenyamanan Kamu.

Jangan membeli mobil yang tidak Kamu butuhkan dan hanya untuk kesenangan saja. Pilih mobil sesuai kebutuhan dan benar-benar berguna untuk Kamu.

Simulasi Kredit Mobil

Jika Kamu ingin membeli sebuah mobil dengan cara kredit, ada baiknya melakukan simulasi terlebih dahulu supaya Kamu bisa memiliki gambaran kedepannya untuk membayar cicilan tersebut.

Berikut adalah simulasi kredit mobil jika Kamu ingin membeli mobil Daihatsu Ayla 1.0 D MT dengan harga Rp. 102 juta.

  • Simulasi Kredit: Harga kendaraan Rp. 102 juta
  • Uang Muka (DP): Rp. 42 juta
  • Pokok Hutang: Rp. 60 juta
  • 12 Bulan: Rp. 5 juta
  • 24 Bulan: Rp. 2,5 juta
  • 36 Bulan: Rp. 1,67 juta
  • 48 Bulan: Rp. 1,25 juta.

Nah itulah tips untuk kredit mobil baru dan simulasi cicilannya. Semoga informasi di atas bisa membantu Kamu dalam menentukan kredit mobil baru yang tepat.

Jangan lupa juga untuk membeli mobil yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan Kamu, jangan asal dalam membeli mobil.