Beberapa waktu yang lalu investasi emas jadi pembicaraan hangat karena harganya yang tebus di atas 1 juta per gram. Meski sekarang telah kembali ke harga normal, namun investasi emas tetap dipandang jauh lebih menguntungkan ketimbang investasi lainnya.

Berikut merupakan beberapa alasan kenapa investasi emas jauh lebih menguntungkan, terutama buat kamu yang belum siap mengambil resiko investasi.

  1. Jauh Lebih Aman

Instrumen investasi lainnya rawan mengalami kerugian, misalnya saja saham yang bisa saya berjaya hari ini, namun beberapa hari kemudian harganya sangat jatuh. Sementara properti, meskipun aman dan stabil, namun butuh biaya perawatan dan sulit untuk dicairkan.

Ini berbeda dengan emas. Meski keuntungan yang ditawarkannya sangat kecil, namun keuntungan kecil ini terus meningkat sepanjang waktu. Selain itu, emas jauh lebih aman dan tahan terhadap guncangan ekonomi global, tahan inflasi dan mudah diuangkan.

  1. Emas Dapat Memberi Kamu Privasi

Nilai aset kamu bisa dibaca dengan investasi seperti saham, atau properti. Namun saat memiliki emas, orang-orang tidak akan tahu berapa nilai kekayaan kamu. Mereka bahkan bisa saja menyangka kamu ‘tidak punya apa-apa’, padahal kekayaan yang kamu simpan jumlahnya sangat fantastis.

Fungsi inilah yang membuat emas bisa memberi kamu privasi, sekaligus menurunkan resiko jadi target sindikat kejahatan. Tapi ini kembali lagi kepada pribadi kamu. Jika kamu gemar memamerkan kekayaan, tentu keunggulan emas dalam hal menjaga privasi akan hilang.

  1. Terjangkau Oleh Siapa Saja

Emas bisa dijangkau oleh siapa saja, termasuk kamu yang baru memasuki dunia kerja. Namun untuk investasi, sebaiknya kamu membeli emas dalam ukuran yang lebih besar, misalnya 10 gram, 20 gram atau lebih berat dari itu.

Belum ada dananya? Tenang saja, saat ini banyak kok program tabungan emas yang digagas oleh beberapa Bank di Indonesia, atau kamu bisa juga datang langsung ke Pegadaian. Caranya sangat mudah, tapi pastikan kamu membeli emas sesuai dengan kemampuan.

  1. Jadi Dana Darurat

Salah satu kriteria kamu bisa dikatakan ‘bebas’ secara finansial adalah adanya dana darurat. Besaran dana darurat ini tidak tentu, namun paling tidak kamu harus punya tabungan setara dengan tiga kali dari total pendapatan bulanan. Lebih besar, tentu lebih baik.

Seperti dijelaskan di atas, emas sangat mudah dicairkan sehingga bisa dijadikan sebagai dana darurat. Keuntungan lainnya, nilai emas tidak akan mengalami penurunan sehingga dapat menjaga nilai uang kamu tetap utuh, ketimbang menyimpan dalam bentuk tabungan uang yang rawan inflasi.

  1. Dapat Diturunkan Dari Generasi ke Generasi

Seperti dijelaskan di atas, emas sangat tahan dengan inflasi sehingga nilainya akan terus terjaga hingga nanti. Selain itu, emas pun dapat diterima dimana saja dengan nilai dan posisi yang sama, sehingga bisa jadi alat pembayaran yang sah karena bernilai universal.

Keunggulan ini membuat emas bisa kamu manfaatkan sebagai aset masa depan, bahkan kamu bisa menurunkannya ke anak cucu. Keunggulan lainnya, kamu bisa dengan mudah ‘membagikannya’ sehingga resiko perebutan harta warisan bisa dihindari.