Pemerintah melanjutkan program Kartu Pra Kerja untuk tahun 2021. Bersamaan dengan launching situs prakerja.go.id, pemerintah telah menyiapkan sebanyak 5.6 juta posisi bagi seluruh masyarakat yang ingin ikut daftar kartu pra kerja.

Sama seperti tahun kemarin, nantinya para peserta baru akan dibekali dengan 3 jenis pelatihan, diantaranya skilling atau pelatihan keterampilan usaha, upskilling atau meningkatkan keterampilan di bidang usaha yang sekarang ditekuni, atau reskilling atau mendapat keterampilan baru.

Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah secara khusus memberikan bantuan manfaat sebesar 3.5 juta per orang. Jumlah uang tersebut nantinya akan dialokasikan untuk beberapa kebutuhan, diantaranya bantuan pelatihan, insentif penuntasan pelatihan, dan insentif survei pekerjaan. 

Namun ketika pandemi Covid-19 telah usai, maka bantuan yang diberikan akan kembali ke angka 650 ribu, dengan perincian uang pelatihan dan survei pekerjaan.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Insentif 3.5 Juta

Program pelatihan ini akan jadi program unggulan di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi. Nah buat kamu yang tertarik daftar kartu pra kerja, ada beberapa tahapan umum yang harus dilakukan, diantaranya:

  1. Buat akun di situs prakerja.go.id. Kamu tinggal mengisi seluruh bio data yang dibutuhkan, setelah itu pihak Project Management Office (PMO) akan langsung memberikan penilaian.
  2. Setelah itu lakukan pendaftaran Kartu Pra Kerja dengan cara memasukkan data diri, termasuk menyiapkan KK dan KTP.
  3. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, tunggu pihak PMO melakukan penilaian. Jika kamu dianggap layak, mereka akan melakukan konfirmasi lewat email
  4. Jika dinyatakan belum diterima, jangan khawatir karena kamu bisa kembali mendaftarkan diri untuk gelombang berikutnya dengan menggunakan akun yang sama.
  5. Jika dinyatakan sudah diterima, PMO langsung akan menghubungi kamu untuk menentukan Balai Latihan Kerja (BLK) yang akan dijadikan tempat pelatihan kerja.

Sebagai catatan, ada banyak keluhan dari calon peserta Pra Kerja terkait kesulitan mengupload KTP. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya upload KTP saat malam hari, atau ketika lalu-lintas di server sedang tidak terlalu padat.

Dalam proses daftar kartu pra kerja, kamu akan menemukan tes kemampuan dasar dan motivasi. Kedua tes ini sangat menentukan diterima atau tidaknya jadi anggota Pra Kerja. Tes ini dilakukan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki.

Untuk menyelesaikan soal, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti corat-coret di atas kertas, menggunakan pensil/pulpen, dan alat lainnya.

Siapa Yang Boleh Mendaftar Kartu Pra Kerja?

Tujuan utama program Kartu Pra Kerja adalah untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki, dengan tujuan akhir meningkatkan daya saing dan produktivitas, mengembangkan kewirausahaan, dan diharapkan bisa jadi penggerak ekonomi kerakyatan.

Mengenai orang yang berhak ikut daftar kartu pra kerja, ada beberapa kriteria khusus yang wajib dipenuhi, diantaranya:

  1. Wajib berstatus sebagai WNI di atas 18 tahun.
  2. Kamu merupakan korban PHK,
  3. Tidak sedang menjalankan pendidikan formal, atau sudah lulus.
  4. Punya keinginan untuk meningkatkan keterampilan
  5. Para pekerja usia muda jadi prioritas utama jadi peserta kartu Pra Kerja.

Program Pra Kerja sendiri merupakan program unggulan dengan tujuan untuk menciptakan kemandirian dan meningkatkan daya saing di era keterbukaan ekonomi. Untuk itu, mari kita manfaatkan program ini semaksimal mungkin.