Selama masa pandemi, tren belanja online meningkat pesat di Indonesia. Menariknya, masyarakat Indonesia kini tidak hanya berbelanja di situs e-commerce lokal, namun juga sudah terbiasa belanja di situs e-commerce luar negeri seperti Amazon, eBay, DinoDirect, AliExpress dan lainnya.

Kok bisa, gimana caranya? Sebenarnya nggak banyak yang berbeda. Kamu bisa belanja di situs e-commerce luar negeri, sama seperti ketika belanja di situs e-commerce lokal. Tinggal pilih barang di katalog online, masukan ke dalam keranjang, konfirmasi pengiriman, terus bayar.

Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan berbelanja online di situs e-commerce luar negeri, diantaranya:

  1. Metode pembayaran yang diterapkan sedikit berbeda dengan di Indonesia. Di situs e-commerce luar negeri kamu hanya punya pilihan membayar dengan kartu kredit atau dengan uang digital seperti PayPal. Mereka tidak mengenal metode transfer Bank.
  2. Beberapa situs e-commerce memang memberikan layanan free ongkir, namun ingat biaya yang harus kamu keluarkan bisa lebih mahal karena harus membayar bea masuk. Aini berlaku jika kamu berbelanja dengan nominal di atas USD 50.
  3. Waktu pengiriman cenderung lebih lama ketimbang belanja di situs e-commerce lokal. Selain itu, pilihan jasa ekspedisi pun sangat terbatas. FEDEX, USPS, dan DHL merupakan beberapa jasa ekspedisi yang umumnya dipilih oleh konsumen asal Indonesia.
  4. Sama seperti e-commerce di Indonesia, beberapa e-commerce luar negeri pun kerap memberikan kode diskon tertentu yang bisa kamu dapatkan di situs-situs tertentu. Jadi sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu mendapatkan kupon diskon tersebut.
  5. Belanja di situs e-commerce luar negeri tidak menjamin 100% aman. Sama seperti di Indonesia, kasus penipuan pun marak terjadi di sana. Jadi sebelum berbelanja, pastikan kamu membelinya di situs e-commerce terpercaya.

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan adalah ukuran dari produk tersebut, terutama untuk produk-produk fashion. Jika kita mengenal kode ukuran S, L, XL atau XXL, maka di negara lain ada yang menggunakan standar ukuran menggunakan nomor.

Selain itu, meski mereka menggunakan kode huruf seperti S, L, XL atau XXL, namun ukuran dari produk tersebut berbeda. Makanya sebelum membeli sebuah produk, kumpulkan dulu informasi dari sumber-sumber yang terpercaya.

Prioritaskan e-Commerce Lokal

Sebelum memutuskan untuk membeli produk dari e-commerce luar negeri, sebaiknya cari dulu produk yang kamu cari di e-commerce lokal. Kalau memang e-commerce lokal menyediakan produk yang sama, kenapa harus repot-repot belanja di situs e-commerce luar negeri. Setuju?

Selain itu, selisih harganya pun tidak jauh berbeda, dan durasi pengiriman dari situs e-commerce lokal jauh lebih singkat. Hal lainnya yang harus kamu pertimbangkan adalah, membeli produk di e-Commerce lokal sama dengan membantu perusahaan lokal lebih berkembang.

Pada gilirannya, belanja di e-commerce lokal akan membantu memajukan perekonomian Indonesia. Jika perekonomian Indonesia maju, bukankah ini akan jadi kamu nikmati juga. Yuk bersama majukan perekonomian Indonesia dengan berbelanja di situs e-commerce lokal.