Saat ini kamu berstatus sebagai mahasiswa. Itu artinya, di sini kamu akan memulai fase belajar mandiri, termasuk dalam hal keuangan. Memang sih support orangtua masih dibutuhkan, namun setidaknya jangan 100% bergantung kepada mereka. Kamu harus belajar cari uang sendiri.

Berikut merupakan beberapa kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa, terutama buat mereka yang hidup di perantauan. 

Kerja Online

Dunia maya sekarang ini menawarkan banyak peluang menghasilkan uang. Misalnya, kamu bisa belajar menjadi penulis konten, penerjemah, desain grafis, dan lain-lain. Tinggal sesuaikan saja dengan passion dan kemampuan kamu. 

Kerja online memungkinkan kamu untuk mengatur jam kerja sendiri. Jadi nggak mengikat seperti kerja kantoran. Modalnya cuma laptop dan kuota internet saja, yakin dah kamu sudah punya. 

Mengisi Survey Online

Sebenarnya mengisi survey online merupakan bagian dari kerja online juga. Tapi bedanya, sesuai dengan namanya, kamu hanya ditugaskan untuk mengisi survey online yang diberikan oleh lembaga atau badan tertentu. Kerja ini mudah, namun hasilnya cukup lumayan.

Ada banyak situs yang siap membayar kamu dari setiap survey yang berhasil diselesaikan, misalnya Opinion Outpost, atau bisa juga menggunakan aplikasi khusus survey online. Mudah kan?

Jadi Blogger atau Youtuber

Kalau yang ini memang lagi tren banget di kalangan mahasiswa. Jadi blogger atau YouTuber memungkinkan kamu untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah yang cukup besar. Banyak sumber uang yang dihasilkan dari sini, misalnya dengan mengikuti Google Adsense. 

Tugas kamu hanya menyajikan konten yang disukai pengunjung. Bedanya, Blogger lebih kepada tulisan, sementara YouTuber menuntut kamu menyajikan konten video kreatif.

Driver Ojek Online

Nulis nggak bisa, bikin video merasa nggak berbakat, mengisi survey online malas karena memang butuh waktu dan kesabaran. Tenang saja, ada peluang kerja lain yang bisa kamu gali, salah satunya dengan menjadi driver ojek online. 

Dengan hanya modal kendaraan pribadi dan SIM, kamu sudah bisa menjadi mitra dari perusahaan Ojek Online tersebut. Enaknya, waktunya juga fleksibel kok. Tinggal menyesuaikan dengan waktu luangmu.

Jasa Ketik Tugas

Jadi mahasiswa itu harus siap dengan tugas yang nggak ada habisnya. Apalagi sekarang kebanyakan tugas itu harus diketik, dan diprint dengan syarat dan ketentuan yang bikin mumet. Buat mereka yang nggak familiar dengan aplikasi Offices, tentu ini akan jadi pekerjaan yang menyulitkan. 

Nah manfaatkan kegalauan mereka dengan menyediakan jasa ketik tugas. Tapi karena sasaran paranya sama-sama mahasiswa, harganya disesuaian ya!

Jadi Event Organizer

EO atau Event Organizer merupakan salah satu kerja sampingan yang bisa bikin kamu kaya mendadak. Serius, jika kamu mampu mengelola event dengan baik, mampu memuaskan sponsor, dijamin mereka akan terus datang kepadamu setiap ada program. 

Tapi untuk masuk ke tahap ini kamu harus mempersiapkan banyak hal, termasuk tim yang solid dan punya kenalan yang luas. Nggak cuma itu, ide kreatif merupakan modal paling berharga dari bidang ini. 

Jasa Dokumentasi Foto/Video

Sebagai mahasiswa, kamu punya banyak kelebihan untuk membuka jasa dokumentasi foto dan video, salah satunya waktu yang bisa disesuaikan, dan target harga yang bisa ditekan seminimal mungkin. Untuk awal, yang penting dapat klien, uang jajan, plus makan gratis saja sudah cukup. 

Tapi bekerja sebagai fotografer/videografer memang butuh keahlian khusus. Maka dari itu, pastikan kamu sudah memilikinya. Kalau untuk perangkat, gunakan saja kamera rental. Banyak kok! Yuk buat bangga keluargamu dengan belajar hidup mandiri.