Belakangan ini banyak produk baru dompet digital alias e-wallet yang ditawarkan demi memudahkan bertransaksi tanpa harus menggunakan uang tunai. Gerakan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2014, ketika kartu kredit,kartu debit dan pembayaran melalui mesin EDC mulai populer di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan pembayaran konvensional yang menggunakan uang tunai, apa sih kelebihan dari pembayaran sistem cashless alias nontunai ini. Simak yuk beberapa poinnya di bawah ini.

1. Lebih Aman dan Praktis

Pernah nggak sih kamu kehilangan uang atau dompet di jalan, atau malah pernah kecopetan saat naik kendaraan umum? Nah dengan menggunakan uang digital, kejadian tersebut nggak bakalan menimpa kamu karena uang yang digunakan tidak berbentuk fisik. 

Kelebihan lainnya, sebanyak apapun uang yang kamu miliki, nggak bakalan bikin dompet kamu tebal kayak dulu lagi. Jelas ini lebih memudahkan, dan lebih praktis. Apalagi dengan adanya smartphone, tinggal scan kode QR, pembayaran pun selesai. 

Menurut survei terbaru dari Ipsos, banyak orang memilih menggunakan transaksi non tunai karena sistem ini dinilai lebih aman, nyaman dan mampu membantu mereka mengontrol pengeluaran.

2. Banyak Promo dan Reward

Coba deh kamu main ke restoran atau outlet makan tertentu yang sudah menerima pembayaran non tunai. Biasanya mereka akan memberikan banyak promo, diskon khusus atau bahan cashback bagi pengguna transaksi non tunai ini.

Ada beberapa perusahaan penyedia dompet digital yang dikenal kerap menggelar promo besar, misalnya OVO dan GoPay. Nggak tanggung-tanggung, promonya bisa mencapai 50% lho. Menurut Katadata, bentuk promosi seperti itu merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh perusahaan fintech. 

Selain strategi bisnis yang dikenal dengan istilah ‘bakar uang’ ini pun dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa dengan sistem pembayaran baru ini. 

3. Mempermudah Transaksi Belanja Online

Belakangan ini tren belanja di dunia maya semakin meningkat. Bahkan menurut data terbaru, perputaran uang yang melibatkan toko online, e-commerce dan marketplace ini mencapai 11-13 triliun di tahun 2019 silam. Angka yang cukup fantastis bukan?

Nah untuk memudahkan aktivitas belanja kamu, beberapa perusahaan e-commerce ini telah menerima pembayaran dengan menggunakan uang digital. Jadi kamu nggak perlu repot lagi dengan kartu kredit, transfer lewat kartu debit atau malah pergi jauh-jauh ke ATM cuma buat mengirimkan pembayaran. 

Selain memudahkan, aman dan nyaman, kelebihan lainnya menggunakan sistem cashless ini akan membuat kamu terbebas dari potongan biaya admin saat melakukan transfer. 

4. Arus Keuangan Lebih Terpantau

Pernah nggak sih merasa uang tiba-tiba habis tanpa jejak. Baru saja gajian, tiba-tiba isi dompet tinggal beberapa lembar lagi, itu pun ditambah dengan pecahan kecil. Padahal kalau diingat-ingat, kamu merasa nggak pernah belanja banyak, apalagi membeli hal-hal yang tidak berguna. 

Apa yang kamu alami ini merupakan hal yang lumrah, dan merupakan ciri jika kamu nggak pernah memantau arus keuangan. Memang kamu nggak belanja banyak hal yang tidak berguna, tapi bagaimana dengan pengeluaran kecil, seperti bayar parkir, membeli pulsa dan lainnya?

Nah dengan sistem cashless, hal ini tidak akan terjadi karena semua uang yang kamu keluarkan, akan tercatat dengan rapi. Hal ini akan membuat kamu lebih mudah mengatur arus keuangan.

5. Sudah Diterima di Banyak Tempat

Nggak perlu khawatir uang kamu akan mengendap tanpa bisa digunakan, karena saat ini sudah banyak tempat yang menerima pembayaran dengan sistem cashless, mulai dari toko, restoran, cafe, mini market hingga beberapa warung tradisional.

Dalam beberapa tahun ke depan, diprediksi sistem transaksi non tunai ini akan lebih banyak diadposi di Indonesia, dan menyebar merata di hampir seluruh wilayah Indonesia. Maka dari itu, nggak ada alasan lagi buat kamu takut mencobanya. Yuk jadi bagian dari cashless society.