Apakah Kamu sudah mencapai umur  25-40 tahun? Kalau iya maka bisa jadi Kamu salah satu dari jutaan orang yang menanggung dosa dari generasi sebelum terutama di Indonesia.

Mengapa? Tentu karena harga tanah serta rumah disini sudah nyaris tidak memungkinan untuk dibeli secara cash.

Maraknya gerakan investasi tanah pada generasi sebelumnya, membuat harga properti di negara ini seperti mengembang tanpa batasan yang jelas. Meski diatur dalam NJOP harganya tetap saja masih tak terbeli untuk generasi milenial.

Namun, sudah banyak orang memberikan pilihan buat  saat ini. Salah satunya KPR, ini bisa dibilang jalan paling realistis untuk memiliki properti saat ini.

Properti Non-Humanitiny

Harga properti yang sudah terbilang tidak masuk akal itu bisa jadi sebuah kesempatan bagi generasi milenial. Kalau mau melihat gambaran besarnya, generasi ini punya pilihan untuk membeli sebagian besar tanah (ada banyak pilihan tempat).

Namun Jika dilihat secara finansial memang harganya sudah terlampau mahal. Maka dari itulah kita membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk memiliki sebuah properti.

Terlebih lagi jika  sudah berkeluarga atau baru saja menikah. kebutuhan untuk memiliki rumah sendiri merupakan salah satu kebutuhan paling penting dalam hidup  saat ini. Maka dari itulah KPR juga harus dimasukkan dalam bahan pertimbangan.

Mari Berhitung Bersama

Mungkin sering kita mendengar ajakan untuk berhitung ketika masih SD  akan berhitung dari 1-10. Tapi ketika  mendengar kata berhitung di usia 40 tahun kita akan menghitung dari 0 hingga Rp.10 miliar.

Perhitungan yang harus kita lakukan untuk melihat berapa biaya yang harus  keluarkan untuk membayar KPR setiap bulan ataupun setiap tahun. Sudah pasti  harus berhitung terlebih dahulu sebab jika tidak, bisa saja  malah kesulitan nantinya.

Ada beberapa jenis bank yang akan membantu  dalam urusan KPR. Platform nya juga bermacam-macam tergantung dari harga tanah sampai tenor yang diinginkan.

BNI Griya

Salah satu jenis KPR yang paling banyak diminati adalah BNI griya. Jenis KPR dari BRI yang satu ini akan mengcover 70 % dari harga tanah ataupun bangunan yang  beli. KPR ini memiliki tenor hingga 25 tahun.

Sedangkan untuk suku bunga efektif nya BNI memberikan suku bunga 6, 75% untuk 2 tahun pertama dan 7,75% untuk tahun selanjutnya. angka tersebut dapat terbilang cukup rendah sebagai suku bunga efektif yang diberlakukan oleh BNI.

Dengan suku bunga tersebut, kemungkinan besar  masih sangat berpeluang untuk bisa survive dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kekurangan yang mungkin dimiliki adalah  perlu menyiapkan uang muka sebesar 30% dari besaran nilai aset yang ingin  beli.  Jika aset yang  mau pilih adalah satu miliar maka uang yang harus  siapkan adalah 300 juta rupiah.

Meski begitu tetap tidak bisa seenaknya dalam memilih tanah yang ingin  beli.  tetap perlu penghitung dalam pengeluaran bulanan + besaran cicilan yang harus  keluarkan + biaya perawatan rumah.

KPR BRI

KPR ditawarkan oleh BRI, memiliki beberapa keunggulan yang bisa  diandalkan. Salah satunya yaitu biaya KPR yang keluar termasuk ongkos renovasi rumah tersebut.

Meski terdengar sederhana sebenarnya fitur ini sangat luar biasa berguna bagi kebanyakan orang. Sebab, tidak semua orang bisa membeli perumahan baru untuk mereka tinggali. Kebanyakan justru lebih memilih rumah yang sudah dibangun terlebih dahulu untuk mendapatkan harga murah.

Apabila transaksinya semacam itu, ada kemungkinan bahwa  harus melakukan renovasi terhadap rumah yang  beli. Dengan KPR dari BRI ini  punya kesempatan tersebut dan diberikan dana sebagai modal untuk renovasi.

Suku bunga yang ditawarkan BRI adalah 9,76% untuk 3 tahun dan suku bunga floating setelahnya adalah 11%.

Walaupun terbilang cukup tinggi BRI akan mengcover seluruh biaya yang dibutuhkan. Kemungkinan  akan punya lebih banyak kesempatan untuk memilih rumah yang  inginkan dengan KPR dari BRI ini.

KPR Mandiri

Kalau kita mau melihat ke Bank Mandiri, pastinya ada juga jenis KPR yang mereka tawarkan dengan fitur yang berbeda lagi.

Dengan memberikan fitur uang muka 0% serta bunga 9% untuk 2 tahun pertama dan 12% untuk suku bunga floating nya, KPR jenis ini sangat cocok bagi generasi milenial saat ini.

Tentunya uang muka 0% yang diberikan, akan sangat membantu  yang baru saja menikah dan ingin segera memiliki rumah sendiri. Sebab di bank lain tetap saja  perlu menanggung biaya uang muka yang cukup memberatkan.

Tetap saja  harus berhitung dengan serius dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebab pemilihan KPR bukanlah hal yang mudah,  butuh riset dan juga perhitungan yang matang untuk memilih KPR mana yang tepat untukmu.

Hal yang harus  lakukan pertama sebelum memilih KPR adalah menafsirkan sejauh mana kemampuan serta kebutuhanmu untuk urusan rumah. Jangan sampai pilihan  untuk mengambil KPR menjadi pilihan yang membunuh.